Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANADesa Adat Pergung menggelar pengukuhan Bendesa Pekraman Pergung dan Prajuru Adat periode 2020–2025. Sebagai bendesa terpilih I Nyoman Putra yang dilakukan melalui musyawarah yang dilaksanakan di Wantilan Pura Puseh, Desa Pergung, Rabu (2/9/2020), dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Pengukuhan I Nyoman Putra untuk periode ketiga ini disaksikan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan. Selain Wabup Kembang, hadir pula Kepala Dinas PMD Gede Sujana, Camat Mendoyo Putu Nova Noviana, Majelis Desa Pekraman Nengah Subagia, Kepala Kementrian Agama Made Sudarmita, Kepala Desa Pergung beserta jajarannya.

Wabup Kembang mengapresiasi pemilihan Bendesa Adat Pergung yang dilakukan melalui musyawarah/mufakat dengan melibatkan pemucuk se-Desa Adat Pergung, Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo. Sesuai dengan Perda Provinsi Bali No. 4 tahun 2019 tentang desa adat, pemilihan bendesa hendaknya mengedepankan musyawarah/mufakat.

“Saya sangat apresiasi terhadap pemilihan Bendesa Adat Pergung melalui musyawarah/mufakat. Akan lebih baik dengan mengedepankan musyawarah/mufakat dengan menyatukan segala perbedaan pendapat, dibandingkan dengan menggunakan sistem voting yang bisa memicu hal – hal yang tidak diinginkan. Musyawarah dilakukan sebagai wujud kedewasaan dalam kita dalam berdemokrasi. Saya berharap kedewasaan dalam berdemokrasi seperti ini bisa diikuti desa adat lainnya,” ujar Kembang.

Baca Juga :  Pilwali Denpasar, PBB Merapat ke Paslon Amerta 

Kepada Bendesa terpilih, Wabup Kembang berpesan agar bendesa maupun prajuru adat dapat menjaga keharmonisan antar masyarakat di Desa dan selalu menjalin sinergitas dengan masyarakat maupun pemerintah ditengah peran desa adat yang makin kompleks.

“Kepada Bendesa dan prajuru terpilih, saya harapkan peran aktif dalam menyatukan umat. Selalu kompak, sehingga program-program yang direncanakan bisa berjalan baik dan dijalankan sesuai awig – awig maupun pararem di desa, dan mari rangkul bersama- sama untuk menjaga dan memajukan Desa Pekraman,” terangnya.(agg/bpn)

Silahkan Berkomentar

Please enter your comment!
Please enter your name here