Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah gencar mengimbau masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penyebaran Covid-19. Salah satu bagian dari prokes tersebut adalah mencuci tangan di air mengalir.

Mendukung hal tersebut, sejumlah tempat yang memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti perkantoran, pasar, toko, dan fasilitas publik lainnya menyediakan wastafel untuk tempat mencuci tangan.

Hal ini pula memberi prospek usaha bagi sebagian orang dengan membuat wastafel dari bahan-bahan tertentu dan bentuk yang beragam. Sebut saja Muliadi Sukito, selaku inisiator wastafel portable otomatis berbahan fiberglass. Ia membuat produk wastafel dengan nama Patriot Bersih. Diberi nama Patriot Bersih, karena kebersihan juga bisa menjadi salah satu pahlawan.

“Kalau wastafel berbahan metal diletakkan di area terbuka, tentu daya tahanya tidak akan lama. Tak hanya itu, dari informasi, droplet lebih lama menempel di bahan metal. Untuk itu, wastafel dengan bahan fiberglass akan lebih aman. Bahkan ditempatkan di area terbuka sekalipun, wastafel fiberglass ini akan bertahan lebih lama,” ujar Muliadi.

Baca Juga :  Pasca Banjir Pengambengan, Bupati Artha Fokuskan Percepatan Pemulihan

Pengoperasian wastafel ini tanpa sentuhan tangan alias otomatis sehingga akan lebih aman untuk penerapan prokes. Wastafel portable ini juga menggunakan tabung pembuangan air kotor.

“Banyak wastafel di tempat umum yang masih menggunakan tong, dan air bekas cuciannya dibuang begitu saja. Kami justru membuat wastafel dimana tempat air bersih dan air kotor terpisah dalam tabung tertutup,” jelasnya.

Bahan utama wastafel ini adalah 100 persen fiberglass yang daya tahannya bisa diandalkan. Fiberglass umumnya dipakai untuk membuat perabot kursi maupun speed boat. Untuk speed boat sendiri bisa bertahan di air laut hingga 40 tahun. “Jadi tidak akan rugi kalau beli wastafel dengan bahan fiberglass ini,” katanya.

Dijelaskannya, wastafel portable ini dipasarkan dalam tiga tipe, yakni tong segi empat ukuran dewasa dengan kapasitas air bersih 80 liter dan tabung air kotor 90 liter seharga Rp5.550.000, tong segi empat ukuran anak-anak dengan kapasitas air bersih 45 liter dan air kotor 50 liter seharga Rp5.050.000, serta tipe bulat dengan kapasitas air bersih 50 liter dan air kotor 55 liter seharga Rp4.450.000.

Baca Juga :  PUPR Denpasar Terus Gencarkan Pembersihan Sungai dan Saluran Air

Wastafel ini bisa digunakan di dalam maupun luar ruangan. “Wastafel ini benar-benar praktis, bisa dibawa ke mana-mana,” pungkasnya sembari mengatakan ke depan akan memproduksi wastafel solar cell yang lebih hemat baterai. (dar/bpn)

Tinggalkan Komentar