Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meletakkan batu pertama pembangunan Panggung Terbuka Ceningan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua DPRD Kabupaten Klungkung AA Gede Anom meletakkan batu pertama pembangunan Panggung Terbuka (Stage) Ceningan di Pulau Nusa Ceningan.

Panggung terbuka tersebut berlokasi di sebelah selatan jembatan kuning yang menghubungkan Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Ceningan dengan luas bangunan 688 m² di atas tanah seluas 6,9 are.

Bupati Suwirta mengatakan, pembangunan panggung terbuka ini menjadi pendukung pariwisata di Nusa Penida, yang nantinya menjadi tempat untuk menampilkan atraksi seni dan budaya.

“Panggung ini nantinya sebagai pelengkap pariwisata di Nusa Penida dengan menyediakan garapan seni tradisional maupun kontemporer yang diciptakan oleh para seniman di sini (Nusa Penida),” ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menjelaskan, adanya panggung terbuka ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nusa Penida setelah mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Tentunya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Begitu selesai panggung ini dibangun, masyarakat bisa memanfaatkan sehingga bisa memberikan penghasilan tambahan baik kelompok seni maupun masyarakat pada umumnya,” jelas Bupati Suwirta seraya meminta kepada Perbekel untuk menyiapkan kelompok-kelompok seni.

Baca Juga :  Kembangkan Kreativitas Siswa SMK Selama Daring, Astra Motor Bali Gelar “Vocational Video Challenge 2020”

Panggung Terbuka Ceningan dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan anggaran Rp1,9 miliar lebih.

“Sebelumnya sempat tertuda karena refocusing anggaran dan syukurnya dikembalikan lagi untuk pembangunan Panggung Terbuka Ceningan ini,” pungkas Bupati Suwirta. (dar/bpn)

Silahkan Berkomentar

Please enter your comment!
Please enter your name here