Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara menerima kunjungan rombongan Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad) yang dipimpin oleh Brigjen TNI Heri Kuswanto, SIP dalam rangka kegiatan pengawasan Current Audit Itjenad TA 2020 di satuan jajaran Kodam IX/Udayana bertempat di ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Selasa (15/9/2020).

Pangdam menjelaskan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) Current Audit merupakan proses Wasrik terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran yang sedang berjalan dan merupakan bagian dari fungsi manajemen dalam berorganisasi, sehingga kehadiran Tim Wasrik Itjenad ke Kodam IX/Udayana ini tentunya untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan yang dapat berpengaruh terhadap pencapaian sasaran program satuan.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, peranan Wasrik menjadi sangat penting untuk mencegah terjadinya penyimpangan penggunaan anggaran. Maka kegiatan ini dititikberatkan pada pemeriksaan yang bersifat mengutamakan konsultasi untuk mengatasi masalah yang dihadapi pada program kerja yang sedang dilaksanakan, sehingga nantinya bisa mendapatkan solusi penyelesaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya perintahkan kepada para Asisten, Dansat/Kabalak jajaran Kodam IX/Udayana, agar membantu Tim Wasrik Current Audit Itjenad, dengan menyiapkan data pendukung seperti administrasi, materiil, serta laporan pertanggungjawaban perbendaharaan dan keuangan TA 2020 yang telah berjalan di satuannya masing-masing,” tegas Pangdam.

Baca Juga :  Ketua K3S Kota Denpasar Selly Mantra Kembali Serahkan Bantuan Kursi Roda

Pangdam menekankan agar memanfaatkan kegiatan Wasrik Current Audit Itjenad ini dengan sebaik-baiknya, sehingga pencapaian hasil program kerja untuk satu tahun anggaran yang sedang berjalan dapat lebih berdaya dan berhasil guna, untuk mendukung kelancaran tugas pokok Kodam IX/Udayana dan jajaran dimasa yang akan datang.

Sementara itu, dalam amanat Irjenad yang dibacakan oleh Ketua Tim Wasrik Current Audit menjelaskan bahwa tugas pokok Itjenad adalah membantu Kasad dalam menyelenggarakan pengawasan umum dalam rangka mendukung tugas TNI AD.

Dikatakan, fungsi pengawasan internal yang dilakukan oleh Itjenad di lingkungan TNI AD bukanlah hal yang baru, tetapi merupakan suatu bentuk sarana pengendalian organisasi dalam suatu sistem manajemen organisasi modern yang senantiasa harus dilakukan secara terus menurus dan berkesinambungan. (dar/bpn)

Tinggalkan Komentar