Dua bapaslon Pilwali Denpasar 2020 menjalani tes psikologi di RSUP Sanglah Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dua bakal pasangan calon (bapaslon) Walikota – Wakil Walikota Denpasar telah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP Sanglah, Denpasar, 7-8 September 2020. Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan tahapan lanjutan setelah kedua bapaslon melakukan pendaftaran di KPU Kota Denpasar guna mengikuti Pilwali 2020.

Selama dua hari berturut-turut, bapaslon IGN Jaya Negara dan Kadek Agus Arya Wibawa (paket Jaya-Wibawa) serta bapaslon Gede Ngurah Ambara Putra dan Made Bagus Kertha Negara (paket Amertha) menjalani pemeriksaan oleh tim medis bertempat di Instalasi Wing Amerta RSUP Sanglah.

Pihak rumah sakit menyampaikan pada hari pertama dilakukan Anamnesa atau wawancara, pemeriksaan bebas Narkoba serta kesehatan jasmani yang meliputi jantung, bedah, bedah urologi, bedah orthopaedi, mata, internis, paru-paru, neurologi, THT, dan gigi. Ada pula pemeriksaan penunjang lainnya serta lab. Kemudian pada hari kedua, kedua bapaslon menjalani pemeriksaan psikiatri atau psikologi. Hasil dari pemeriksaan tersebut nantinya akan disampaikan kepada KPU Kota Denpasar pada 11-12 September 2020.

Ketua KPU Kota Denpasar, Arsa Jaya mengatakan untuk penilaian atas parameter secara teknis menjadi kewenangan tim pemeriksa kesehatan. Pihaknya hanya menerima kesimpulan kesanggupan/ketidaksanggupan jasmani dan rohani bapaslon sebagai hasil pemeriksaan untuk memenuhi syarat calon.

Baca Juga :  Sinergi PLN-KPK Berlanjut, Berhasil Amankan 6.500 Aset Milik Negara

“Di akhir pemeriksaan kesehatan terhadap bapaslon, tim pemeriksa akan melaksanakan rapat pleno terlebih dahulu untuk hasil yang akan diserahkan ke KPU Kota Denpasar,” ujar Arsa Jaya saat dimintai keterangan, Selasa (8/9/2020).(dar/bpn)

Tinggalkan Komentar