Sesi diskusi pada Webinar tentang Festival Kreatif Lokal (FKL) 2020. Sumber Foto : dar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung penyelenggaraan “Festival Kreatif Lokal (FKL) 2020” untuk mendorong pertumbuhan dan meningkatkan daya saing pelaku usaha UKM ekonomi kreatif (ekraf) dan generasi muda sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

“Diharapkan dengan kerja sama ini dapat turut mengembangkan potensi ekraf sesuai sumber daya khas di masing-masing daerah sehingga dapat menjadi salah satu pembangun struktur perekonomian daerah serta menjadi daya tarik tersendiri dalam kaitannya dengan mengundang wisatawan dalam maupun luar negeri,” ujar Menparekraf Wishnutama Kusubandio dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman FKL dengan Adira Finance, Kamis (27/8/2020), yang disiarkan secara virtual.

Ia mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini semua pihak dihadapkan pada tantangan yang berat sehingga harus lebih giat dan kreatif dalam menciptakan peluang. Pemerintah bersama dengan banyak kementerian/lembaga telah menginisiasi gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia”. Kemenparekraf menjadi yang pertama memulai kampanye itu dengan menggulirkan gerakan #BeliKreatifLokal. Dalam program tersebut, Kemenparekraf memberikan berbagai pendampingan untuk peningkatan kompetensi pelaku UKM ekraf yang diantaranya untuk masuk ke platform digital.

Baca Juga :  Beri Pemahaman Kebanksentralan, BI Bali Latih Wartawan Ekonomi

“Dengan transformasi ke digital, pemasaran yang dilakukan UKM akan berjalan lebih cepat dan jangkauannya lebih luas. Sehingga dapat mempercepat perputaran siklus ekonomi, memperbaiki daya beli masyarakat, dan pada akhirnya mendorong kebangkitan ekonomi pascapandemi,” jelasnya.

Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli mengungkapkan pandemi Covid-19 telah berdampak pada sektor usaha. Situasi ini mendorong semua pihak untuk bangkit dan berkolaborasi dalam menghadapi kesulitan ekonomi.

“Sejalan dengan visi kami, yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, #FestivalKreatifLokal adalah wujud kepedulian kami untuk membangun pelaku usaha UKM dan generasi muda agar bersama-sama bangkit membangun perekonomian Indonesia. Program ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan oleh Bapak Presiden,” ujar Hafid Hadeli.

FKL 2020 merupakan rangkaian dua program acara, yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal. Kreatif Lokal Award merupakan ajang pemilihan calon UKM terbaik yang berasal dari 1.000 UKM dari binaan Kemenparekraf, konsumen Adira Finance, dan masyarakat umum. Ajang ini mencari 18 brand pemenang dari 6 kategori bidang ekonomi kreatif, yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Baca Juga :  DPUPR Denpasar Atensi Trotoar Rusak di Jalan Melati, Terget Tuntas 3 Hari

Selain modal usaha dengan total ratusan juta rupiah, para pemenang akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online ekslusif di Bukalapak, serta paparan di media mengenai produk dan usahanya. Pengumuman pemenang akan diadakan pada bulan November 2020 bertepatan dengan HUT kr-30 Adira Finance. Pada pengujung FKL 2020, yakni Januari 2021 akan diadakan Konser Kreatif Lokal.

Sebagai pendukung FKL Lokal 2020, juga diadakan Festival Pasar Rakyat yang bertujuan untuk menjaga eksistensi pasar rakyat dengan cara melakukan pengembangan UKM yang ada di dalam pasar melalui digitalisasi, dengan bentuk kegiatan pelatihan virtual dengan topik-topik seperti literasi keuangan, pemasaran dan usaha online.

“Kami berharap rangkaian kegiatan di FKL menjadi berkelanjutan yang dapat membangkitkan ekosistem ekraf dan bersama tingkatkan ekonomi Indonesia. Sehingga ke depannya, kami bisa menunjukkan semangat bersama untuk Indonesia bisa terus melaju. Tidak hanya berhasil bangkit dan tumbuh, tapi juga bagaimana kita dapat berkembang ke kancah internasional,” pungkas Hafid. (dar/bpn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here