Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mempimpin apel memperingati Hari Jadi ke-62 Provinsi Bali, di halaman depan Kantor Bupati Tabanan, Jumat (14/8/2020). Apel menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga, Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf. Joao Xavier Barreto Nunes, Forkopimda Tabanan, Sekda Tabanan, para asisten, dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Sanjaya saat membaca sambutan Gubernur Bali, mengajak seluruh komponen krama Bali untuk menjadikan perigatan Hari Jadi Provinsi Bali ini sebagai momentum penting dan strategis. Dengan memaknai perjalanan panjang Provinsi Bali dalam tiga dimensi waktu, yaitu masa lalu (atita), masa kini (wartamana), dan masa yang akan datang (anagata).

Selain itu, ada tiga unsur utama yang harus dipahami secara komprehensif tentang Bali, yaitu alam Bali, krama Bali, dan kebudayaan Bali. “Ketiga unsur utama tersebut jadi satu-kesatuan tata cara kehidupan krama Bali yang berkebudayaan tinggi,” ujarnya.

Baca Juga :  Persiapan Melasti, Sampah di Pantai Pasut Dibersihkan

Sanjaya mengatakan, permasalahan utama dan mendasar yang dihadapi Bali saat ini maupun pada masa yang akan datang adalah berkaitan dengan alam, krama Bali dan kebudayaan Bali. Oleh karena itu, diperlukan orientasi dan arah kebijakan untuk menata pembangunan Bali secara fundamental dan komprehensif dengan visi baru.

Dia menambahkan, Bali era baru merupakan suatu era yang ditandai dengan tatanan kehidupan baru, Bali yang kawista, Bali kang tata-titi tentram kerta raharja, gemah ripah loh jinawi. (ita/bpn)