Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar menggelar operasi bibir sumbing gratis, Jumat (7/8/2020). Kegiatan tersebut diadakan serangkaian Hari Bhayangkara ke-74 dan program bakti kesehatan Polri dengan tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”.

Karumkit Bhayangkara Denpasar, Pembina dr Ni Made Murtini, MARS mengatakan bakti kesehatan Polri ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meringankan beban penderita, orang tua dan keluarga yang mengalami cacat bawaan celah bibir dan langit-langit.

“Operasi celah bibir diikuti oleh 6 orang dari seluruh kabupaten/kota di Bali yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 1 orang perempuan,” kata dr. Murtini.

Dikatakannya, pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan Smile Train, Yayasan Senyum Bali, serta Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (Perapi).

“Kegiatan kali ini tentunya sangat berbeda dengan kegiatan tahun sebelumnya, karena pelaksanaannya di tengah pandemic Covid-19 sehingga wajib mengikuti protokol pencegahan Covid-19, mulai dari skrining laboratorium, rapid test dan PCR terhadap pasien dan pendamping sampai dengan masa isolasi/karantina di rumah sakit Bhayangkara Denpasar,” terang dr. Murtini.

Baca Juga :  Wagub Cok Ace Apresiasi Peran KPID Dalam Penguatan Lembaga Penyiaran

Kapolda Bali dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irwasda Polda Bali, Kombes Pol. Drs. I nyoman Sumanajaya menyampaikan apresiasi terhadap Polri khususnya Biddokkes dan Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar yang sudah menyelenggarakan kegiatan bakti kesehatan operasi celah bibir dan celah langit-langit. Kapolda juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Smile Train, Yayasan Senyum Bali dan Perapi atas kinerjanya sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dan dilindungi dari penularan Covid-19.

“Semoga kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk peningkatan kesehatan yang bermutu, optimal, bermanfaat dan Polri semakin dipercaya dan dicintai masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan Bhayangkari Daerah Bali juga menyerahkan bingkisan kepada pasien yang akan menjalani operasi celah bibir. Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau langsung operasi bibir sumbing di ruang operasi.

Salah satu orang tua pasien bibir sumbing yang berasal dari Tabanan, Putu Mirah berharap operasi pada anaknya berjalan lancar sehingga anaknya bisa kembali normal seperi anak-anak yang lain.

“Saya berharap anak saya sehat dan normal sehingga dapat bermain dengan anak-anak normal lainnya,” harap Putu Mirah.

Baca Juga :  Hadapi Covid-19, Kanwil DJP Bali Ajak Masyarakat Manfaatkan Insentif Pajak

Turut hadir Kabidpropam Polda Bali Kombes Pol. Radjo Alriadi Harahap S.I.K, Kabidhumas Polda Bali Kombes Pol. Syamsi S.H, Wadir Binmas AKBP Wayan Sri, S.I.K serta pejabat utama Biddokkes Polda Bali dan pejabat utama Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar. (dar/bpn)