Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Sempat diundur karena pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran, pembangunan pelabuhan di Kecamatan Nusa Penida akhirnya dilanjutkan. Pembangunan dua pelabuhan bagian dari rencana pelabuhan segitiga emas tersebut akan ditandai dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Senin (3/8/2020) besok.

Kepastian hadirnya Menhub itu disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta disela-sela mengecek persiapan acara di lokasi pembangunan pelabuhan Sampalan, Minggu (2/8/2020). Dua pelabuhan yang akan dibangun dengan dana dari pusat, yakni Pelabuhan Sampalan di Nusa Gede (Nusa Penida) dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan. Menurut Bupati Suwirta, rencananya kedua pelabuhan tersebut dibangun dan selesai pada tahun ini. Anggaran kedua pelabuhan tersebut lebih dari Rp190 miliar dengan sistem multiyear atau tahun anggaran 2020 dan 2021.

Baca Juga :  Polres Badung Sambut HUT Polwan Ke-72

“Mengingat situasi pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran, pembangunannya diundur dan baru bisa dilakukan saat ini. Untuk aset tanah dan perencanaan kita di kabupaten dengan dukungan penuh Gubernur Bali dan dianggarkan kementerian. Untuk dana pembangunan Pelabuhan Sampalan sebesar Rp86 miliar dan Pelabuhan Bias Munjul Rp105 miliar,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati menambahkan, apa yang dilakukan pemerintah dengan membangun dua dari tiga rencana pelabuhan segitiga emas ini adalah upaya terbaik. Diharapkan dukungan masyarakat agar pembangunan ini dapat berjalan lancar. Dengan dibangunnya dua pelabuhan ini akan mampu meningkatkan geliat ekonomi Kabupaten Klungkung khususnya Nusa Penida.

Baca Juga :  Kunker ke Bali, Rombongan Kementerian PPN/Bappenas Terima Paparan Khasiat Arak Bali Manjur Obati Covid-19

“Dengan pelabuhan ini yang nantinya terintegrasi dengan pelabuhan lainnya mampu memberikan daya ungkit terhadap perkembangan perekonomian di Kabupaten Klungkung khususnya di Nusa Penida,” harapnya.

Pada kesempatan ini Bupati Suwirta mengecek sejumlah tempat, diantaranya lapangan umum Nusa Penida yang rencananya menjadi tempat pendaratan helikopter rombongan Menhub, tempat transit rombongan di Kantor Camat Nusa Penida dan lokasi pembangunan pelabuhan Sampalan Nusa Penida. Turut mendampingi, yakni Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra; PPK Balai Pengelola Transportasi Darat, Robet Taufan; Kepala Dinas Perhubungan, Nyoman Sucitra; dan Camat Nusa Penida, Komang Widiyasa Putra. (dar/bpn)