Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Manajer Operasional DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana, mengatakan, jajaran manajemen sangat mendukung pelaksanaan verifikasi, guna meyakinkan semua pihak bahwa DTW Tanah Lot aman untuk dikunjungi wisatawan. Dia mengungkapkan hal itu, Minggu (2/8/2020).

Dikatakan, DTW Tanah Lot kini telah terverifikasi dan layak untuk dikunjungi wisatawan. “Kami sangat antusias dengan tahapan verifikasi tersebut, agar lebih meyakinkan wisatawan, bahwa DTW Tanah Lot layak untuk dikunjungi, dan tidak usah khawatir, karena sudah menerapkan protokol dengan disiplin,” ujarnya.

Baca Juga :  Seluruh Fraksi Setujui KUA dan PPAS APBD Kota Denpasar Perubahan TA. 2020 dan Induk TA. 2021

Menurut Toya, pihaknya sudah berusaha keras untuk memenuhi persyaratan yang sesuai dengan protokol kesehatan dalam tatanan era baru, yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal itu dibuktikan dengan sudah mendapatkan sertfikat.

“Sertifikat itu yang jadi dasar kepercayaan wisatawan untuk yakin berkunjung ke DTW Tanah Lot,” ujarnya.

Sebelumnya, dikatakan bahwa proses verifikasi berlangsung hampir dua pekan sejak dibuka per 20 Juli 2020. Kemudian terlihat kunjungan didominasi oleh wisatawan domestik, walaupun juga terlihat ada sejumlah wisatawan mancanegara.

Dari data yang didapat, jumlah kunjungan sejak 20 Juli sampai dengan 31 Juli 2020, wisatawan domestik sebanyak 4.179 orang, dan wisatawan mancanegara sebanyak 225 orang. Dengan dibuka pasar domestik per 31Juli 2020 oleh pemerintah, diharapkan bisa mendongkrak kunjungan domestik ke DTW Tanah Lot.

Baca Juga :  Ketua K3S Kabupaten Gianyar Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Lansia

“Kunjungan memang belum bisa normal seperti dulu saat sebelum pandemi melanda hampir seluruh dunia. Karena ini awal, apalagi 31 Juli ini baru pembukaan pasar domestik, mudah-mudahan bisa mendongkrak kunjungan domestik ke DTW Tanah Lot. Kami juga berharap berikutnya pasar mancanegara bisa dibuka, karena selama ini Tiongkok yang mendominasi kunjungan di DTW Tanah Lot,” ujar Toya.

Dia berharap kunjungan wisatawan ke DTW Tanah Lot bisa normal seperti dulu, dengan tetap menaati dan disiplin menerapkan protokol kesehatan yang sudah berjalan. (ita/bpn)