Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASARKomitmen Pemkot Denpasar bersama seluruh jajaran untuk mensukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 mendapat apresiasi. Kali ini, ibukota Provinsi Bali ini dianugrahi penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat yang diserahkan Kepala BPS Kota Denpasar, Eman Sulaiman kepada Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dan Sekda AAN. Rai Iswara di Selasar Alaya Dharma Negara Denpasar, Rabu (5/8/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPS Kota Denpasar, Eman Sulaiman  menjelaskan bahwa pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 dirancang dalam dua tahap. Yakni Sensus Online yang sudah dilaksanakan sejak 15 Februari hingga 29 Mei 2020 lalu, sedangkan tahap kedua akan dilaksanakan sensus lanjutan secara offline dengan siste wawancara mulai 1-30 september mendatang.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Gelar Pasar Murah, Tekan Angka Inflasi Pada Hari Suci Galungan dan Kuningan

Eman Sulaiman menjelaskan bahwa hingga pelaksanaan sensus online berakhir, Kota Denpasar menjadi salah satu kota dengan Response Rate atau partisipasi masyarakat  yang sukses melampaui target BPS Pusat.

“BPS Pusat menargetkan sebesar 20 persen dari jumlah penduduk yang mengikuti sensus penduduk online secara mandiri, dan Kota Denpasar sudah berada pada angka 30 persen, sehingga sangat layak untuk mendapatkan penghargaan,” ujar Eman.

Secara rinci pihaknya menyebutkan bahwa di Kota Denpasar sebanyak 42.685 KK telah mengikuti sensus penduduk secara online, atau sebanyak 192.303 penduduk/jiwa sudah berpartisipasi dalam sensus penduduk online tahun 2020.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga memohon dukungan Pemkot Denpasar beserta jajaran untuk mensuskseskan sensus penduduk lanjutan yang akan dilaksanakan Bulan September mendatang. Dimana, pelaksanaan sesnsus yang dikemas secara offline dengan metode wawancarai ini dikhususkan untuk mereka yang belum mencatatkan diri saat sensus online.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Terima Konjen India, Bahas Sejumlah Potensi Kerjasama Antara Kedua Pihak

“Petugas dari BPS akan mengunjungi dan memverifikasi data yang sudah disiapkan oleh masyarakat, mudah-mudahan sensus penduduk dapat memberikan stimulus ekonomi dengan melibatkan 600 orang lebih. Dan saat ini sedang tahapan perekrutan petugas,” jelasnya

Pihaknya menambahkan bahwa BPS dan Pemkot Denpasar  saat ini sedang melaksanakan kordinasi dalam rangka turut berpartisipasi dalam penyediaan data pelaksanaan surve dampak Covid-19.

“Sehingga secara umum kita dapat mengetahui tanggapan masyarakat dan perilaku masyarakat selama Covid-19 ini, serta bisa diketahui keinginan dan kebiasaan masyarakat di massa new normal ini sebagai langkah awal merancang kebijakan,” ujarnya.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada Pemkot Denpasar. Tentunya sensus penduduk ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan Bank Data sebagai dasar dalam menentukan kebijakan dalam menciptakan kesejahteraan rakyat, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Baca Juga :  Demam Pokémon di Bali, Perjalanan Pikachu Janjikan Kegembiraan Tak Terlupakan

Lebih lanjut Rai Mantra menjelaskan bahwa kordinasi dan sinergitas yang sudah terbangun saat ini agar secara berkelnjutan terus diintensifkan, sehingga apa yang menjadi tujuan bersama dapat diwujudkan.

“Kami atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kota Denpasar mengucapkan terimakasih atas penghargaan ini, tentunya sinergitas yang sudah terbangun agar terus dibina dan diintensifkan untuk mewujudkan validasi data sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, dan tentunya Pemkot Denpasar beserta jajaran dan masyarakat siap mensukseskan sensus penduduk lanjutan di bulan September mendatang,” ujar Rai Mantra. (ags/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News