Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Pemkab Gianyar menggelar Pasar Gotong Royong Krama Bali (PGRKB) di halaman kantor Bupati Gianyar, Jumat (7/8/2020). Diselenggarakannya PGRKB tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 15036 Tahun 2020 tentang Program Gotong Royong Krama Bali.

Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gede Mayun mengatakan, PGRKB Pemkab Gianyar bertujuan mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat dengan memfasilitasi pemasaran produk pertanian, perikanan dan industri lokal masyarakat Gianyar. Selain itu, dikatakannya program ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian pegawai dan karyawan dalam bergotong-royong membantu petani, nelayan, perajin dan pelaku UMKM.

Untuk itu, Wabup Agung Mayun mengatakan Bupati Gianyar mewajibkan pegawai Pemkab berbelanja di Pasar Gotong Royong Krama Bali Pemkab Gianyar ini. Produk-produk yang dijual saat ini termasuk kebutuhan pokok, yakni produk pangan. Ke depannya akan ditambah dengan produk lainnya, misalnya sandang.

“Di Provinsi program ini dilakukan setiap Hari Jumat, di Gianyar kita coba launching hari ini, kita akan evaluasi bagaimana pelaksanaan perdana ini, untuk bulan depan kita siap adakan lagi. Hari ini partisipasi pegawai dalam program perdana ini cukup tinggi, ke depannya kita akan tingkatkan kualitas maupun kuantitasnya,” ujar Wabup Agung Mayun.

Baca Juga :  Gandeng Bank Indonesia, Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali Ajak Semua Pihak “Ngrombo” Sukseskan Pelaksanaan Desa Binaan Telajakan Bersemi di Desa Temesi

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra yang turut hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi program yang digulirkan oleh Gubernur Bali yang dengan sigap ditindaklanjuti oleh Bupati Gianyar. “Pasar gotong royong ini sangat baik untuk meningkatkan perekonomian para petani, nelayan, perajin, dan pelaku UMKM Gianyar. Terima kasih kepada Bapak Gubernur atas prakarsanya, sehingga para petani, nelayan, tidak kesulitan memasarkan produk mereka,” ujar Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Sementara itu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar, Luh Gede Eka Suary selaku ketua panitia melaporkan, jumlah produsen/pedagang yang ikut berpartisipasi sebanyak 45 orang. Komoditas yang dijual sebanyak 21 jenis, terdiri dari produk pangan segar dan produk olahan. Produk yang berhasil dijual yakni 778 paket beras segar, 300 paket beras organik, 120 paket buah, 97 paket sayur, 328 kg ikan segar, 181 paket ikan olahan, 448 bungkus keripik, 15 Kg luluh sate, 520 pohon gumitir, mint, pepaya California, dan seledri.

Baca Juga :  Erwin Soeriadimadja Ajak Masyarakat Bijak dalam Berbelanja di Tengah Kenaikan Harga

“Jumlah pegawai yang ikut berpartisipasi sebanyak 2.481 orang, dengan total belanja Rp87.537.726.600,- secara non tunai melalui aplikasi QRIS dari BPD Bali, dan belanja tunai sekitar 13 juta, sehingga total transaksi hari ini mencapai 100 juta rupiah,” kata Eka Suary.Seorang

penjual, Ni Nyoman Sunarsih (49) asal Desa Tulikup yang menjual olahan ikan, mengaku senang atas prakarsa Pemkab Gianyar. Dia berterima kasih atas kepedulian pemerintah terhadap pengusaha kecil seperti dirinya. Sunarsih mengatakan, pada pasar gotong royong tersebut dirinya berhasil menjual 109 kg ikan segar dan ikan nila nyatnyat sebanyak 16 Kg. Dia berharap untuk penyelenggaraan pasar gotong royong selanjutnya, dirinya bisa terlibat lagi.

Baca Juga :  Bangga Merah Putih Mendunia Sukses Gelar BARATI Cup Bali 2024, 52 Pemain Tergabung dalam Skuad Berlaga ke Swedia

Pelaku usaha/pedagang yang dilibatkan pada PGRKB hari ini adalah Asosiasi Petani Horti Gianyar, Perkumpulan Petani Muda Gianyar, Subak Bon Jaka Desa Sebatu, pedagang ikan tangkap olahan dari Desa Lebih, pedagang ikan segar, pedagang tanaman, dan pedagang keripik. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Gianyar, para kepala OPD, para pengurus TP PKK Gianyar, Kepala BPD Bali Cabang Gianyar, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.(ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News