Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASARDPD PDI Perjuangan Provinsi Bali mengadakan Pasar Gotong Royong Krama Bali di halaman depan kantor DPD setempat, Jumat (7/8/2020). Kegiatan Pasar Gotong Royong ini juga dilaksanakan serentak di masing-masing DPC PDI Perjuangan Kabupaten/Kota se-Bali.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Dr. Ir. Wayan Koster, M.M., menyampaikan, Pasar Gotong Royong Krama Bali ini diadakan sebagai bentuk implementasi dari SE Gubernur Bali Nomer 15036 tahun 2020 tentang Program Pasar Gotong Royong Krama Bali.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya Partai PDI Perjuangan dalam membantu petani, nelayan, pengerajin, UMKM, dalam menjual hasil produk kepada masyarakat. Partai DDP PDI Perjuangan Bali memfasilitasi agar hasil produksi pertanian dalam arti luas dapat disalurkan dengan mempertemukan langsung petani dengan para pembeli.

“Tentu saja ini bagian ekonomi Gotong Royong dalam masa pandemi Covid-19, karena daya beli masyarakat menurun sedangkan para petani kesulitan menyalurkan hasil produksinya, sehingga kami fasilitasi lewat Pasar Gotong Royong Krama Bali ini,” pungkas Wayan Koster.

Lebih lanjut Dr. Ir. Wayan Koster, M.M., yang juga Gubernur Bali, menyampaikan dalam Pasar Gotong Royong Krama Bali dijual berbagai kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat mulai beras, daging, telor, sayuran serta kebutuhan lainnya.

Baca Juga :  Mengaku Anggota Polri, Residivis Diamankan Sat Reskrim Polresta Denpasar

Kelebihannya adalah konsumen tidak perlu ke Pasar Tradisional tetapi dalam kegiatan langsung ketemu petaninya. Kuntungannya konsumen dapat produk-produk pertanian yang lebih segar dengan harga lebih murah dan terjangkau.

“Ini langsung ketemu petani dan pembeli, tidak ada tengkulak yang mengakibatkan biaya tinggi sehingga merugikan para petani dan membebani konsumen,” ungkap Wayan Koster.

Politikus asal Buleleng ini, juga menyampaikan kegiatan Pasar Gotong Royong Krama Bali sebagai respon atas arahan Presiden RI Joko widodo dalam membangkitkan dan menggunakan produk-produk pertanian, perikanan dan industri lokal di masing-masing daerah.

Selain di kantor DPD PDI Perjuangan Bali, kegiatan ini akan rutin digulirkan setiap hari Jumat dan pedagang kami gilir setiap minggu, karena banyak sekali usaha-usaha rakyat yang sudah mendaftar untuk turut berpartisipasi dalam Pasar Gotong Royong Krama Bali ini. Kegiatan ini juga melibatkan ibu-ibu pengurus DPD dan ibu-ibu Fraksi Provinsi.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat segera menggerakan dan memulihkan perekonomian masyarakat, Pasar Gotong Royong Krama Bali inipun tidak berhenti sampai disini tetapi rutin kita adakan,” tegas Wayan Koster.

Baca Juga :  Rakor KPU Denpasar, Inilah 10 Kesepakatan Paslon Terkait Kampanye

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Bali, IGN. Jaya Negara menyampaikan, melalui kegiatan Pasar Gotong Royong Krama Bali memberikan peluang besar kepada para petani dan pelaku UMKM dalam memasarkan produk secara langsung di tengah situasi pademi Covid-19 ini. Dikatakan, Kegiatan ini juga menjadi bagian gerakan besar DPD PDI Perjuangan Bali untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam bidang pertanian.

“Partai hadir dan khususnya kami kader-kader partai yang selalu terdepan bersinergi dengan pemerintah menimbang perlu untuk membantu para petani dan pedagang dalam menyalurkan hasil-hasil pertaniannya serta menjualnya, sehingga secara langsung produsen bertemu dengan pembeli,“ pungkas Jaya Negara.

Koordinator Pasar Gotong Royong Krama Bali DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Ni Made Sumiati, SH mengatakan, Pasar Gotong Royong Krama Bali bekerjasama dengan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Bali. Tema Gotong Royong diangkat dalam kegiatan ini mengacu pada ajaran Bung Karno, bertujuan untuk mensosialisasikan semangat gotong royong.

“Pasar ini sebagai bentuk melindungi dan mengangkat derajat para petani, ini merupakan salah satu bentuk praktek keberpihakan pada kelompok Marhaen dijiwai semangat gotong royong,” ungkap Sumiati.

Baca Juga :  Garapan Tari Siwa Nataraja Siap Buka Gelaran Denfest ke-13 Tahun 2020

Wakil Ketua Bidang Nelayan DPD PDI Perjuangan Bali, Ni Wayan Sari Galung, S.sos menyampaikan, para petani, nelayan, pengerajin, pelaku UMKM, yang ikut dalam kegiatan Pasar Gotong Royong Krama Bali merupakan binaan Badan Ekonomi Kreatif DPD PDI Perjuangan Bali yang dibina Fraksi PDI Perjuangan masing-masing daerah pemilihan. Ke depan dalam kegiatan tersebut, para peserta inipun akan digilir pada setiap pelaksaan Pasar Gotong Royong Krama Bali, yaitu setiap Jumat pada setiap minggunya.

“Semua peserta Pasar Gotong Royong Krama Bali merupakan binaan kita, ini dilakukan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah Covid-19,” ungkap Ni Wayan Sari Galung.(ads/bpn)