Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Anda sudah pernah menikmati menu Ikan Timbungan? Salah satu menu khas Bali ini memang agak “langka”, berbeda dengan ikan goreng atau bakar yang lebih mudah didapatkan. Ikan Timbungan merupakan hidangan yang diolah secara tradisional dan memakan waktu cukup lama sehingga menghasilkan cita rasa yang khas.

Jangan khawatir, menu Ikan Timbungan tersedia di Captain Tjapa Grill And Seafood yang berlokasi di Jl. By Pass I Gusti Ngurah Rai No. 15, Denpasar Timur (sebelah timur Lapangan Kapten Japa).

Pemilik Captain Tjapa Grill And Seafood, Wayan Arya Danta didampingi De Dika menuturkan Ikan Timbungan kian jarang ditemukan di Bali, karena proses memasaknya yang rumit dan sangat lama. “Kenapa langka, karena jarang ada yang mau masak, prosesnya lumayan lama. Di samping itu memakai ikan yang segar dan dimasak menggunakan api kecil,” ujarnya.

Dijelaskan, timbungan adalah cara mengolah masakan dengan berbahan dasar daging dan ikan yang dibalur bumbu rempah pilihan, kemudian dimasukan ke dalam bambu dan dibakar. Namun, seiring waktu ditemukan metode memasak yang lebih singkat sekitar 15-20 menit sehingga pengunjung tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmatinya.

Baca Juga :  Kapolsek Marga Pantau Pembagian Bantuan Dana UMKM

“Kami mencari-cari resep rahasia untuk mengolah Ikan Timbungan dengan kecepatan waktu dan ketepatan rasa, berpedoman pada cita rasa yang khas dari Ikan Timbungan tersebut. Racikan kami mendapat respon yang baik dari pengunjung. Dengan harga 30 ribu rupiah sudah bisa menikmati timbungan ikan yang khas,” sebutnya.

Selain bumbu khas, teknik memasak juga menentukan rasa Ikan Timbungan. Nah, Captain Tjapa Grill And Seafood memilih menggunakan proses tradisional, lengkap dengan bilah bambu sebagai tempat saji dari Ikan Timbungan.

Soal rasa, Ikan Timbungan boleh dibilang “juara”. Rasa pedas seketika terasa saat suapan pertama. Disusul rasa gurih dan asin dengan wangi rempah yang menggugah selera. Selain itu, aroma khas dari bambu yang dibakar membuat citarasa Ikan Timbungan semakin susah dilupakan.

Jadi, menu ini bisa menambah referensi kuliner yang patut anda coba bersama teman atau keluarga. Terlebih, menyantap Ikan Timbungan di restoran ini makin asyik ditemani oleh pemandangan sekitar yang hijau dan asri di tengah perkotaan. (dar/bpn)