Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Upacara memperingati Detik-detik Plokamasi HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Kabupaten Tabanan diselenggarakan secara sederhana, di halaman depan Kantor Bupati Tabanan, Senin (17/8/2020). Upacara tersebut dipimpin Wabup Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara kali ini tanpa melibatkan paskibra. Diikuti sekitar 40 orang peserta. Di antaranya Forkopimda Tabanan, Ketua DPRD Tabanan, Sekda Tabanan dan para asisten berikut pewakilan beberapa OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, serta barisan aubade dan tiga orang pengibar bendera Merah-Putih.

Baca Juga :  Curi Hp untuk Kebutuhan Hidup Sehari-hari

Petugas pengibar bendera Merah-Putih dalam upacara tersebut, dipercayakan kepada tiga siswa SMA. Antara lain I Komang Bayu Septiandy (siswa SMA 1 Selemadeg), I Made Wira Yoga Saputra (siswa SMA 1 Kediri), dan Ni Kadek Frischa Devi Marchaeni, siswi SMAN 1 Tabanan.

Kesederhanaan dalam pelaksanaan upacara kali ini, kata Sanjaya, dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tabanan. Begitupun dengan lomba-lomba yang biasanya dilakukan dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Tabanan, ditiadakan karena refocusing anggaran untuk penanganan pandemi global tersebut.

Baca Juga :  Peduli Masyarakat Terdampak Covid-19, Bupati Eka Serahkan Bantuan

Para peserta upacara tersebut, mengenakan pakaian adat Bali. Meskipun sederhana, namun tidak mengurangi arti, makna, dan semangat peringatan tersebut.

“Walaupun terbatas, kami tetap melaksanakan protokol kesehatan, yakni atur jarak, pakai masker, penyanitasi tangan, dan cuci tangan sebelum pelaksanaan apel dimulai. Itu yang terpenting,” ujar Sanjaya.

Pada sore hari, Sanjaya kembali memimpin apel penurunan bendera, peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI, di halaman depan Kantor Bupati Tabanan. (ita/bpn)