Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANADi tengah menjalani masa Pandemi saat ini, Kelompok nelayan Sumber Sari Karya desa Pekutatan dan Sinar Baru desa Pulukan menggelar Upacara Petik Laut di TPI Desa Pekutatan, Minggu (23/8/2020).

Kegiatan Petik Laut ini dihadiri Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Anggota DPRD Jembrana I Nyoman Sudiasa, Kepala Dinas Perhubungan Kelautan Dan Perikanan I Made Dwi Maharimbawa, Camat Pakutatan I Wayan Yudana, serta seluruh kelompok nelayan. Tidak lupa didalam acara itu juga tetap mengedepankan protokol kesehatan dan physical distancing.

Wabup Kembang Hartawan dalam sambutannya mengatakan, di tengah pandemi global saat ini, nelayan tetap merasakan hasil yang berlimpah, melainkan seperti yang bekerja di pariwisata sangat merasakan dampaknya Covid-19.  ia juga mengapresiasi acara Petik Laut yang dilangsukan oleh kelompok nelayan dalam upaya melestarikan tradisi masyarakat pesisir dan sudah tetap dilaksanakan turun temurun dari nenek moyang. Petik Laut sebagai wujud syukur atas limpah rahmad serta nikmat yang diberikan nelayan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Petik laut ini merupakan tradisi masyarakat pesisir yang sudah turun-temurun dari nenek moyang, kita patut meneruskannya jangan meninggalkan tradisi guna wujud syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan wujud syukur ini perlu dilestarikan, yang terpenting semangat kebersamaan,” ujar Kembang.

Baca Juga :  Pastikan Keamanan Mudik, Bupati Tamba Dampingi Kapolda Bali Tinjau Pelabuhan Gilimanuk

Kembang juga menambahkan, saat ini sudah terdapat aplikasi Nelayan Pintar untuk mendukung nelayan dalam menangkapkan ikan. “Dengan adanya aplikasi ini saya harapkan dalam aktivitas penangkapan ikan sehingga menjadi lebih efektif. Nelayan dapat langsung menuju ke titik penangkapan ikan tanpa harus berputar-putar sehingga menghemat bahan bakar. Dengan cara modern ini tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan,” tambahnya.

Rudi Kismandani selaku Ketua Penyelenggara Petik Laut mengatakan, acara petik laut yang dilakukan oleh dua kelompok nelayan Sumber Sari Karya Desa Pekutatan dan Sinar Baru Desa Pulukan ini guna sebagai wujud syukur kami kepada Tuhan Yang Maha Esa atas apa  yang sudah diberikan khususnya sebagai kita nelayan. Di tengah pandemi ini juga kami tetap mendapatkan hasil yang begitu melimpah, maka dari itu kami patut melaksanakan sujud syukur kami kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kegiatan ini juga kami rutin lakukan setiap tahunnya.

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Jembrana Ajak Stakeholder Komitmen Bersama Lindungi PMI

“Kegiatan petik laut ini akan terus dilaksanakan sebagai bentuk wujud syukur kami kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah tangkapan ikan di tengah pandemi saat ini hasilnya begitu berlimpah,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Wabup Kembang memberikan bantuan kepada kelompok nelayan dan diterima langsung oleh ketua kelompok nelayan setempat.(agg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News