Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASARWakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara menghadiri karya Mamungkah Lan Ngenteg Linggih Pura Demung Banjar Adat Anggabaya, Kelurahan Penatih, Kecamatan Denpasar Timur.

Pelaksanaan Karya Ngenteg Linggih berkenaan dengan selesainya renovasi Bale Kulkul serta beberapa Pelinggih yang dilaksanakan bertahap sejak tahun 2017 dan telah rampung secara keseluruhan pada tahun 2020. Dengan selesainya renovasi tersebut maka  krama Banjar Anggabaya melaksanakan karya melaspas dan Mendem Pedagingan  bertepatan dengan Puncak karya Saniscara Kliwon Wariga, Sabtu (22/8/2020).

Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota IGN Jaya Negara berkesempatan Ngayah Nopeng (menarikan tari topeng). Pelaksanaan karya tersebut juga telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan secara bergantian melaksanakan persembahyangan. Upacara ini dipuput Ida Pedanda Griya Taman Sari Paang Penatih.

Wakil Walikota Denpasar, Jaya Negara mengatakan Kota Denpasar sebagai kota berwawasan budaya tentu denyut kehidupan masyarakatnya tak pernah lepas dari aktivitas adat, seni dan kebudayaan yang kuat.

Baca Juga :  Antisipasi Laju Inflasi, Wali Kota Jaya Negara Tinjau Pasar Murah di Banjar Buana Kubu

“Upacara Pemelaspasan  ini diharapkan mampu membawa krama banjar kedalam kesejahteraan dan kebaikan jasmani maupun rohani agar dapat terus mendukung pembangunan di Kota Denpasar yang kita cintai ini,” kata Jaya Negara.

Bendesa Adat Anggabaya,  I Made Sumadata bersama Manggala Karya I Wayan Adnyana yang di temui di sela-sela karya mengatakan, karya ini dilakukan karena pembangunan pembangunan Bale Kukul serta pelingguh ini telah rampung di dikerjakan.

Oleh karena itu atas hasil musyawarah warga banjar diputuskan untuk dilakukan pamugaran bale kukul serta pelinggih yang baru dengan pondasi yang lebih kuat. Dimana renovasi ini dilaksanakan secara bertahap sejak tahun 2017. Yang mana pembangunan ini dikerjakan dengan biaya yang di dapat bantuan Pemerintah dan urunan warga banjar Anggabaya.

“Kami bersama warga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, dan  Wakil Walikota IGN Jaya Negara karena sudah bisa hadir dan sempat ngayah nopeng serta telah memberikan perhatian serta bantuan kepada warga Banjar Anggabaya dan diharapkan juga pemerintah agar bisa terus memperhatikan budaya dan tradisi seperti ini agar kedepannya warisan budaya Bali tetap terjaga dengan baik. (humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News