Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANAProgram pembayaran non tunai melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang terus disosialisasikan Bank BPD Bali Cabang Negara menuai respon positif dan mulai dirasakan manfaatnya. Hal tersebut diakui salah satu kelompok UMKM di Jembrana yakni Kelompok Tenun Putri Mas Negara, I Ketut Widiadnyana. Menurutnya, program tersebut, sesuai dengan program yang sedang digalakkan pemerintah yakni gerakan non tunai.

Dengan QRIS lebih gampang, tanpa perlu kembalian artinya higienitas juga terjaga, karena tidak memegang uang tunai. Selain itu, menurut Ketut Widiadnyana, hal yang sangat dirasakan manfaat dalam QRIS juga adanya pembukuan.

“Dengan QRIS kita tinggal buka berapa transaksi kita, lebih menggampangkan kita dalam usaha,” beber Ketut Widiadnyana.

Pihaknya selaku Pengusaha UMKM khususnya di Jembrana juga mengapresiasi Bank BPD Bali Cabang Negara yang telah mensosialisasikan penerapan QRIS, terlebih Bank kebanggan masyarakat Bali ini telah membentuk komunitas QRIS.

“Kita di kelompok Tenun Mas dijadikan komunitas QRIS. Semua anggota kita dibantu BPD Bali diberikan barcode, terus transaksi lebih gampang dan gaji untuk karyawan kita sudah sistem online,” tegasnya,

Baca Juga :  Beri Pemahaman Kebanksentralan, BI Bali Latih Wartawan Ekonomi

Widiadnyana mengakui apa yang telah dilakukan Bank BPD Bali Cabang Negara sangat membantu UMKM dalam berbagai transaksi. “Saya sendiri sebagai ketua kelompok dengan unit tersebut lebih gampang, selesai kerja kita langsung dibayar dengan hitungan detik, ya dengan senyuman langsung membayar,” tegas Wiadnyana, serta berharap Bank BPD Bali kembali meningkatkan bantuan fasilitasnya dalam pemasaran UKM mengingat bantuan permodalan melalui KUR telah dibantu sebelumnya oleh Bank kebanggaan masyarakat Bali ini.

Sementara dikonfirmasi terpisah Kepala Seksi Dana dan Jasa BPD Bali Cabang Negara, Putu Fitrina Hapsari didampingi Pelaksana Dana dan Jasa Kadek Teguh Artajaya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan  pelaku UMKM kepada BPD Bali Cabang Negara melalui pelayanan dana dan jasa dengan memanfaatkan QRIS.

“Kami harapkan akhir 2020, seluruh UMKM di Jembrana sudah menggunakan QRIS dalam transaksinya,” harapnya.

Hal senada ditegaskan Kepala Cabang BPD Bali Negara, Ida Bagus Made Surawan, S.PI, selain memberi apresiasi dan terima kasih juga berharap kerjasama yang telah terjalin baik dengan pelaku UMKM ini dapat ditingkatkan.

Baca Juga :  Wagub Cok Ace Dukung Wakil Bali di Ajang Putri Remaja Indonesia

“Kami juga terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas layanan, khusus QRIS memang kami jadikan program unggulan karena memang sangat membantu masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 dan merupakan Program Bank Indonesia,” ujar Ida Bagus Made Surawan. (ads/bpn)