Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kodam IX/Udayana menggelar sosialisasi Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) TNI AD TA 2020-2021 yang disampaikan oleh Tim Sosialisasi dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) melalui vidcon di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar, Selasa (7/7/2020).

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara, dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya menyampaikan bahwa implementasi dari pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui Binter dilaksanakan oleh Satuan Komando Kewilayahan dan Satuan Non Komando Kewilayahan.

Binter sebagai Fungsi Utama TNI Angkatan Darat bertujuan untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh demi kepentingan Pertahanan Negara (Hanneg) di darat serta mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Binter juga memiliki peran yang sangat penting, yaitu sebagai katalisator antara masyarakat dengan pemerintah.

Baca Juga :  Lampaui Capaian Pusat, Pemkab Jembrana Raih Penghargaan BPS

“Mengingat fungsi dan perannya yang sangat penting, maka Binter harus ditingkatkan dengan cara lebih kreatif dan inovatif sehingga dapat menunjang transformasi TNI Angkatan Darat sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Kasad,” sebut Pangdam.

Salah satu upaya penyiapan aparat Komando Kewilayahan adalah dengan cara melakukan kompetisi antara Satuan Komando Kewilayahan di jajaran TNI AD. Kompetisi tersebut diantaranya melalui Lomba Binter sebagaimana yang akan dilaksanakan dan lomba ini memiliki nilai positif karena selain untuk meningkatkan kualitas prajurit juga secara langsung akan menumbuhkan kebanggaan terhadap satuan.

Pangdam berharap kepada seluruh peserta sosialisasi agar memperhatikan semua materi yang diberikan oleh Tim dengan sungguh-sungguh. “Tanyakan bila ada penjelasan yang kurang dipahami atau belum dimengerti sehingga nantinya seluruh peserta akan dapat menyiapkan materi yang akan dilombakan dengan baik,” kata Pangdam.

Baca Juga :  Wagub Cok Ace Harapkan IKAPPI Mampu Bangkitkan Perekonomian Pasar Tradisional

Pada kesempatan tersebut, Wadan Pusterad Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M selaku Ketua Tim Sosialisasi dari Pusterad dan juga mewakili Danpusterad menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kodam IX/Udayana yang sudah menerima dan memfasilitasi Tim dari Pusterad dalam rangka melaksanakan sosialisasi Lomba Binter yang akan datang.

Kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan teritorial melalui kegiatan Lomba Binter dan juga untuk mendapatkan masukan dari satuan-satuan kewilayahan yang berada di bawah apakah dengan Lomba Binter yang dilaksanakan sudah sesuai dengan harapan tentunya. “Jangan ada kesan bahwa Lomba Binter itu sudah pasti ditentukan pemenangnya,” ucap Mayjen TNI Bambang Ismawan.

Baca Juga :  Tingkatkan Sinergitas, Kejari Gianyar dan PD. BPR Werdhi Sedana Tandatangani MoU

Dengan adanya sosialisasi ini, dalam pelaksanaan lomba nantinya diharapkan dapat mencari atau dinilai seobyektif mungkin dan transparan, sehingga didapat pemenang lomba yang betul-betul maksimal sesuai harapan bersama. “Lomba Binter ini merupakan salah satu kegiatan yang cukup bergengsi karena yang memberikan penghargaan adalah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad),” imbuhnya.

Dengan mengusung tema “Melalui Lomba Binter TA 2020-2021, Kita Mantapkan Sinergitas TNI AD Bersama Pemerintah Daerah, Instansi Terkait Dan Komponen Bangsa Lainnya Dalam Rangka Mengatasi Kesulitan Rakyat Guna Menyiapkan Ruang, Alat Dan Kondisi Juang Yang Tangguh”, kegiatan sosialisasi yang diakhiri dengan tanya jawab tersebut juga dihadiri Danrem 162/WB, Aster Kasdam IX/Udayana, Kasrem 161/WS, Kasrem 163/WSA dan perwira staf terkait lainnya. (dar/bpn)