Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Polres Tabanan menggelar apel kesiapan dalam rangka pelaksanaan Operasi Patuh Lempuyang 2020. Kegiatan tersebut dipimpin Kabag Ops. Kompol I Nengah Sudiarta, di LapanganApel Polres Tabanan, Kamis (23/7/2020).

Dalam apel kesiapan pasukan tersebut, diikuti satu peleton gabungan para PJU Polres Tabanan yang terdiri atas para kabag, kasat, danperwira staf, serta gabungan anggota Polres Tabanan yang terlibat

operasi. Untuk menandai operasi tersebut, pimpinan apel menyematkan pita warna biru kepada perwakilan anggota yang terlibat operasi.

Pimpinan apel dalam sambutannya mengatakan, kegiatan operasi yang digelar itu adalah operasi mandiri kewilayahan, dengan sandi ‘Operasi Patuh Lempuyang 2020’, yang akan berlangsung selama 14 hari, terhitung mulai 23 Juli 2020 sampai dengan 5 Agustus 2020.

Baca Juga :  Kapolsek Selbar dan Panitia Yadnya Pediksan Pandita Mpu Berkoordinasi

“Operasi ini digelar pada saat negara kita, khususnya di Bali, termasuk di Tabanan, sedang mengalami musibah Covid-19. Hal ini dapat kita rasakan, dan dampaknya sangat luas,” ujarnya.

Karena pelaksanaan operasi dalam suasana pandemi Covid-19, pimpinan menginstruksikan kepada seluruh jajaran agar mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, represif, persuasif, selektif prioritas, dan humanis. “Hal itu untuk mewujudkan kamseltibcarlantas, untuk meraih simpati masyarakat terhadap polantas, dalam rangka pencegahan penularan Covid19 di jalan raya,” ujarnya.

Dalam kegiatan operasi tersebut, lanjutnya, supaya mengedepankan nilai-nilai kesantunan, cara bertindak dan sikap yang humanis atau tidak arogan, sehingga muncul simpati masyarakat. Bila itu diterapkan, maka masyarakat pun akan mengindahkan aturan yang berlaku.

“Yang jadi target dan prioritas utama adalah pelanggar yang melawan arus, pelanggar pengguna jalan di bawah umur, pelanggaran tanpa helm, pelanggaran pengguna jalur kanan, khusunya truk dengan muatan berat,” tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, pimpinan apel menekankan kepada semua personel Polres Tabanan agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. “Pedomani ketentuan yang berlaku. Siapkan semua perangkat sarana dan prasarana, termasuk APD. Jaga keamanan dan keselamatan diri. Setiap peristiwa ataupun permasalahan diselesaikan dengan baik, sesuai prosedur dan tidak berdampak buruk terhadap kesatuan. Selamat melaksanakan tugas,” seru Sudiarta. (ita/bpn)