Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara melakukan kunjungan kerja ke Mako Rindam IX/Udayana, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Kamis (9/7/2020). Kehadiran Pangdam dan rombongan disambut dengan Tari Sandat Serasi.

“Selain bersilaturahmi sebagai Pangdam IX/Udayana yang baru, saya minta mari bersama-sama kita melanjutkan tugas dan tanggung jawab di Kodam IX/Udayana. Mudah-mudahan kerjasama dan dukungan yang diberikan oleh para Prajurit Kodam IX/Udayana dengan tidak melakukan pelanggaran, itu merupakan bentuk dukungan bagi saya,” ujar Pangdam dalam arahannya dihadapan 150 Prajurit dari Rindam IX/Udy, Kodim 1619/Tabanan, Minvetcad IX-24/Tabanan, Gudmurah IX/Tabanan dan Prajurit Siswa Dikprabinsa.

Ditegaskan Pangdam, tugas pokok Kodam adalah menegakkan kedaulatan, mempertahankan keutuhan, melindungi segenap bangsa dan tumpah darah khususnya wilayah dan masyarakat yang ada di Kodam IX/Udy. Untuk melaksanakan tupok tersebut Kodam membentuk organisasi-organisasi diantaranya Satpur, Satbanpur, Satkowil dan Satuan Badan Pelaksana.

Baca Juga :  Truk Pengangkut Kotoran Ayam Mogok di Jalan Tanjakan

Rindam merupakan salah satu Badan Pelaksana Kodam untuk menyiapkan, mendidik, melahirkan Prajurit-prajurit Bintara maupun Tamtama untuk bisa siap tugas dan siap ditempatkan dimana saja.

“Tugas Rindam sangat strategis bagi Kodam IX/Udy, karena di Rindam tempat dididik SDM untuk bisa mengawaki organisasi dan peralatan Alutsista yang ada di Kodam IX/Udy, jadi berbanggalah anggota Rindam memiliki tugas betul-betul strategis dan mulia,” jelas Pangdam.

Terkait dengan situasi dalam menghadapi pandemi Covid-19, menurut Pangdam, kuncinya adalah disiplin. Terutama kepada aparat yang bertugas di lapangan bagaimana mendisiplinkan masyarakat dengan protokol kesehatan, dan yang paling utama adalah bagaimana kita dapat meningkatkan imunitas/daya tahan tubuh, serta memiliki/menjalankan pola hidup sehat.

Baca Juga :  Kodim Tabanan Bantu Warga yang Tertutup Akses Jalannya Pasca Tanah Longsor

Pangdam mengajak seluruh Prajurit dan PNS Kodam IX/Udy untuk menciptakan dan mewujudkan iklim kerja yang kondusif dan suasana kerja yang menyenangkan, sehingga harus selalu saling asah, asih dan asuh. “Kita harus bangga dan mencintai sebagai warga Udayana, serta berbuat yang terbaik untuk Udayana,” tutup Pangdam.

Terkait kegiatan kunker Pangdam, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P menjelaskan Ketua Persit KCK PD IX/Udy Ny. Tanty Kurnia Dewantara juga memberikan pengarahan kepada Persit KCK Cabang Rindam IX/Udy dan Kodim 1619/Tabanan di Aula Ngurah Rai Rindam IX/Udy.

“Usai Kunker di Rindam IX/Udy, Pangdam bersama rombongan melanjutkan kegiatan Kunker di Kodim 1619/Tabanan yang disambut oleh Forkopimda Kabupaten Tabanan,” jelas Kapendam.

Baca Juga :  Penerapan Hari Pertama PPKM di Bali, Pangdam IX/Udayana Bagikan 1.500 Masker ke Masyarakat  

Pada hari yang sama, Pangdam melanjutkan kunker ke Kodim 1617/Jembrana, selanjutnya ke Mako Yonif Mekanis 741/GN untuk mengecek kesiapan pangkalan dan memberikan pengarahan kepada Prajurit Yonif Mekanis 741/GN, Kodim 1617/Jembrana, Minvet Jembrana dan Sub Denpom Jembrana. Terakhir, Pangdam melaksanakan peninjauan ke Pelabuhan Penyebrangan ASDP Gilimanuk yang merupakan jalur penyebrangan laut antara Pulau Bali dan Pulau Jawa. (dar/bpn)