Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Pandemi Covid-19 tidak menghalangi kegiatan pendidikan maupun pengabdian di kampus UNS. Dengan adanya KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 ini, Universitas Sebelas Maret Surakarta mendukung penuh para mahasiswa untuk memberikan kontribusi ke desa masing-masing sebagai bentuk pengabdian masyarakat dan turut serta memberantas Covid-19.

Kharisma Putri, salah seorang peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata) Covid-19 UNS mengaku mengikuti kegiatan KKN di BD. Batuagung Pidada, Gerokgak secara daring sebagai bentuk meminimalisir dampak penularan Covid-19.

“Komunikasi terkait perencanaan dan koordinasi bersama tim KKN dan DPL dilakukan secara daring melalui Whatsapp grup, begitu juga dalam kegiatannya diimbau untuk membuat proker yang tidak mengumpulkan banyak orang,” ujar Kharisma, mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS.

KKN era Covid-19 ini dilakukan secara individu di tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Program kerja yang dibuat pun disusun dan dilaksanakan menyesuaikan kondisi setempat. KKN dilaksanakan selama Mei-Juni 2020 dengan tema “Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19”.

Baca Juga :  Kwarcab Badung Tempa Generasi Muda Tangguh Lewat Dianpinru dan Dianpinsat 2024

Beberapa kegiatan yang dilakukan Kharisma, adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Covid-19 melalui Instagram dan grup WhatsApp. Edukasi tersebut berupa penjelasan tentang Covid-19, gejala, cara pencegahan hingga fakta dan mitos Covid-19 untuk menangkal informasi yang bersifat hoax. Ia juga melakukan edukasi melalui pemasangan banner di tempat umum dan leaflet tentang bahaya Covid-19 disertai dengan fasilitas masker yang dibagikan kepada masyarakat.

Kegiatan lainnya yaitu pembuatan video tutorial cara membuat masker kain dari rumah hingga homemade hand sanitizer yang membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Selain itu pembuatan buku mewarnai untuk RA Miftahul Huda Gerokgak sebagai penunjang pembelajaran tentang covid-19 untuk anak-anak TK.(dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News