Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNGKembali empat ekor tukik ditemukan di Pantai Petitenget, Badung pada Jumat (31/7/2020) dan sebelumnya juga pernah ditemukan puluhan tukik di kawasan yang sama pada Minggu (26/7/2020) yang lalu.

Penemuan kali ini langsung ditemukan oleh anggota Satpolair Polres Badung Bripka I Gusti Ngurah Gede Blambangan saat melaksanakan patroli jalan kaki di sekitaran Pantai Petitenget sekitar pukul 08.15 wita.

Dengan adanya temuan tersebut, empat tukik yang merupakan satwa dilindungi saat itu juga dilepas ke laut oleh Bripka Blambangan yang disaksikan oleh pengunjung pantai setelah dapat petunjuk dari Kasat polair Polres Badung Iptu I Wayan Jiwa Antara.

Menurut salah seorang pengunjung pantai, temuan tukik tersebut merupakan peristiwa langka yang pernah dia lihat secara langsung menetas dari telurnya.

Baca Juga :  Tim Monitoring Migas Badung, Temukan SPBU Beroperasi dengan Izin Kedaluarsa 

Menurutnya, baru pertama kali menyaksikan tukik yang baru menetas dari telurnya, peristiwa ini merupakan pengalaman yang langka baginya.

Setelah penemuan tukik tersebut, Kasat Polair Polres Badung Iptu I Wayan Jiwa Antara memerintahkan anggota Polair untuk mengintensifkan pemantauan areal pantai utamanya pada musim penyu  bertelur seperti saat ini. “Ini jenis hewan langka yang dilindungi. Kami perintahkan anggota Polair untuk memantau areal pantai guna penyelamatan tukik jika ditemukan,” ujarnya.

“Sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya kasus penyelundupan atau penjualan penyu secara ilegal diseputaran tukik ditemukan,” katanya lagi.

Namun demikian, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar melapor ke polisi saat menemukan penyu atau tukik. “Jangan malah dijual atau dipelihara secara ilegal,” pintanya. (agg/bpn)