Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Provinsi Bali siap menjalin kerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar dalam memperkuat dan memberi perlindungan kepada pedagang tradisional di Kota Denpasar.

Penegasan ini disampaikan Ketua DPW IKAPPI Bali Sudadi Murtadho dan didampingi Sekretaris A Djohari Rahyat dan Bendahara Foker Pongky Wijaya ketika melakukan audiensi dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar, di Kantor Disperindag Gedung Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar, Rabu (15/7/2020).

Ketua DPW IKAPPI Bali, Sutadi Murtadho menjelaskan kehadiran ke Disperindag untuk melaporkan bahwa kepengurusan IKAPPI dalam dalam dekat akan dilantik oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) sehingga dalam kiprahnya perlu dikenal lebih luas tidak instansi pemerintah tetapi kepada masyarakat khususnya pada pedagang pasar.

“Sebelum dilantik oleh DPP perlu kami perkenalkan diri dan menyampaikan visi misi IKAPPI sehingga mudah kenal dan bisa menjalin kerja sama kepada pemerintah,” jelas Sudadi.

Baca Juga :  Wayang Wong Griya Jelantik Delod Pasar Sanur Tampilkan Setubanda di PKB XLIV

Sudadi juga menjelaskan IKAPPI sangat peduli dengan kondisi pedagang pasar tradisional yang saat ini lagi mengalami lesu perdagangan dikarenakan pandemik Covid-19. Dan pasar tradisional menjadi salah satu klaster penyebaran Covid-19.

IKAPPI juga juga mengapresiasi langkah yang diambil Disperindag Kota Denpasar yang cepat tanggap dalam mengatasi klaster di pasar rakyat dan pasar modern dengan memberikan bantuan para pedagang yang terkena dampak langsung oleh Covid-19 terutama bantuan langsung tunai dan pembagian masker gratis dan mensosialisasikan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga :  Dorong Pemulihan Pariwisata di Bali, Sandiaga Uno Ajak Pengusaha dan Profesional Bekerja dari Bali

Atas dukungan IKAPPI ini, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari,  S.Sos., M.Si bersama jajarannya menyambut positif dan mengaperasi kehadiran IKAPPI di Bali.

“Kami sangat mendukung atas kehadiran IKAPPI dan kepengurusan yang baru di bentuk dan dalam waktu dekat akan dilantik oleh DPP pusat,” kata Sri Utari.

Selanjutnya pihaknya berjanji dalam program kerja IKAPPI Disperindag Kota Denpasar siap mensuport dan akan digandeng dalam kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan IKAPPI.

“Kami akan membantu peran IKAPPI baik dari segi moril maupun dana bilamana ada kegiatan yang sejalan dengan visi misi pemerintahan untuk mensejahterakan para pedagang pasar,” ujar Kadisperindag Nyoman Sri Utari.

Baca Juga :  Desa Peguyangan Kaja Gencarkan Pendataan Duktang dan Sosialisasi Penerapan Prokes

Sementara Ketua Bidang Informasi, Komunikasi dan Media, Wayan Supartha, Kamis (16/7/2020) menjelaskan kepengurusan IKAPPI Bali dalam waktu dengan akan dilantik oleh DPP. Selanjutnya secara road show akan melakukan audiensi dengan instansi terkait untuk menyampaikan visi misi IKAPPI.

“Setelah dilantik kami akan terus melakukan sosialiasi sekaligus mendekatkan diri dengan para pedagang, bahwa mereka sudah memiliki lembaga untuk melindungi aktivitasnya,” tegas Supartha. (ads/bpn)