Sumber Foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Sekda Tabanan I Gede Susila mengatakan, untuk membangun Tabanan pada era kenormalan baru adalah yang aman dan produktif, serta pola pikir dan paradigma baru dalam melaksanakan aktivitas sosial, ekonomi, dan sosial budaya di masyarakat. Hal itu dia ungkapkan, saat mewakili Bupati Tabanan dalam acara penutupan Bulan Bung Karno Tabanan 2020, di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Selasa (30/6/2020).

Baca Juga :  Polres Tabanan Tangkap Dua Tersangka Kasus Narkoba

Menurutnya, pola pikir dan paradigma baru dimaksud harus diimplementasikan dengan melaksanakan protokol kesehatan sebagai hal wajib. “Mengingat pandemi Covid-19 di Bali, juga di Tabanan, belum juga berakhir, dan terus meningkat, terutama dari transmisi lokal yang semakin mengkhawatirkan,” ungkapnya.

Dia mengingatkan masyarakat Tabanan untuk selalu menerapkan protocol kesehatan dalam setiap menjalankan aktivitas. Gunakan masker dengan baik dan benar. Jauhi kerumunan dan jaga jarak. Terapkan PHBS, serta selalu jaga imunitas tubuh agar tetap sehat dan produktif.

Susila yang juga ketua Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Tabanan itu, menyebut produktif dimaksud adalah membangun kedaulatan pangan masyarakat Tabanan. “Kejayaan pangan Tabanan harus dikembalikan, guna menyejahterakan masyarakat,” tukasnya.

Dikatakan, Bung Karno mengajarkan kepada kita melalui ajaran Trisakti, bahwa masyarakat harus berdikari dalam bidang ekonomi. Kedaulatan pangan mengandung makna keamanan pangan, yaitu dari sisi ketersediaan pangan, dan kemandirian pangan dari sisi produksi secara mandiri.

Untuk menjalankan Tabanan aman dan produktif, katanya, harus dilakukan melalui gerakan-gerakan serentak, terintegrasi, dan komprehensif. Hal itu bisa dilakukan di perkantoran pemerintahan, pendidikan, kesehatan, media publik, industri, pariwisata, serta seluruh aktivitas pelayanan publik lainnya.

Sementara Kepala Badan Kesbanglinmas Tabanan, I Gusti Ngurah Agung Suryana, selaku koordinator pelaksana penyelenggaraan Bulan Bung Karno Tabanan 2020, menyebut tema kali ini adalah ‘Semangat Trisakti dalam Membangun Tabanan New Normal’.

“Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam memperingati Bulan Bung Karno Tabanan 2020. Di antaranya webinar, peluncuran Paket Produk ASN Tabanan Peduli, dan beberapa lomba terkait,” ujar Suryana. (ita/bpn)