Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H. melaksanakan kunjungan kerja ke Kodim 1610/Klungkung, Rabu (17/6/2020). Pada kunjungan kerja kali, Danrem 163/Wira Satya didampingi Ketua Persit KCK Koorcabrem 163/Wira Satya Nyonya Fetty Husein Segaf dan menyertakan beberapa Perwira Staf.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih dekat satuan jajaran Korem 163/Wira Satya sekaligus mengecek situasi dan kondisi wilayah Kodim 1610/Klungkung.

Sesuai prosedur tetap (Protap) kegiatan kunjungan kerja di wilayah Kodim 1610/Klungkung, Danrem menerima pemaparan dari Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.H, M.Tr.,(Han) tentang kondisi terkini satuan dan juga pelaksanaan program kerja tahun anggaran 2020 yang sudah berjalan selama hampir satu semester.

Dalam arahannya di aula Kodim 1610/Klungkung tersebut, Danrem menekankan pentingnya pelaksanaan program kerja dan anggaran yang baik serta terukur atau akuntabel sehingga setiap kegiatan yang dilaksanakan satuan harus tertib administrasi dan kegiatan.

“Program kerja dan anggaran harus direncanakan serta dilaksanakan dengan baik kemudian anggarannya diserap secara maksimal yang dilengkapi administrasi sebagai pertanggungjawabannya, seperti harus ada rencana dan laporannya termasuk pertanggungjawaban keuangannya,” ungkap Danrem.

Danrem juga memberikan arahan tentang rencana pemberlakuan “new normal” di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Tatanan kehidupan baru yang akan diberlakukan oleh pemerintah dan masyarakat menyebutnya sebagai new normal, dimaksudkan dengan kembali ke aktivitas normal tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi dan mencegah penularan Covid-19,” jelasnya.

Ditambahkannya, ini menjadi tugas sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat agar paham tentang protokol kesehatan yang isinya terkait penggunaan masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, penyediaan hand sanitizer, menjaga jarak (physical distancing), menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menghindari atau membatasi kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Dalam pelaksanaannya tentu harus fleksibel dan menggunakan logika sehingga dengan kesadaran diri sendiri masyarakat akan menerima hal ini.

“Saya berharap Satuan dan Personel Kodim Klungkung dapat melaksanakan tugas dengan baik, profesional dan maksimal serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dan komponen masyarakat lainnya,” ujarnya.

Sementara itu sehari sebelumnya Danrem 163/Wira Satya melakukan kunjungan kerja di Kodim 1623/Karangasem. Pada kesempatan tersebut Danrem juga mendapatkan pemaparan dari Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa yang menjelaskan kondisi dan situasi satuan Jajaran Korem 163/Wira Satya yang berlokasi di ujung timur Pulau Bali tersebut.

Seperti juga di Kodim lainnya yang sudah dikunjungi, Danrem menekankan pelaksanaan program kerja dan anggaran yang harus terlaksana dengan baik, serta terkait juga masalah penanganan Covid-19 yang harus serius dan lebih intensif dengan melakukan kerjasama bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di berbagai tataran dan masyarakat.

“Ini telah menjadi tugas kita TNI AD atau Aparat Komando Kewilayahan, karena kita ada dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” sebut Jenderal Bintang Satu tersebut.

Dalam melaksanakan sosialisasi dan edukasi harus mengedepankan kearifan lokal sehingga masyarakat akan lebih mudah memahami permasalahan yang ada dan tentunya juga memudahkan aparat kewilayahan dalam melaksanakan tugas di lapangan. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News