Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Program Keluarga Berencana (KB) Kesehatan Semester I Tahun Anggaran 2020 Kodim 1616/Gianyar digelar di Banjar Karanganyar, Desa Sanding, Kecamatan Tampaksiring, Jumat (19/6/2020) dengan menggandeng Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Tampaksiring dan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Lepas Peserta Pekan Daerah KTNA Denpasar, Berikan Motovasi Dukung Percepatan Pembangunan Sektor Pertanian dan Perikanan

Mengambil tema “Peran TNI Dengan KB Kesehatan Wujudkan Keluarga Sejahtera”, kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari.

Perwira Seksi Teritorial Kodim 1616/Gianyar Kapten Inf I Wayan Sudana atas seizin Dandim menjelaskan bahwa dalam program KB Kesehatan Semester I Tahun Anggaran 2020 Kodim 1616/Gianyar kali ini melayani KB jenis Intrauterine Device (IUD), pemasangan kontrasepsi jangka panjang atau Implan dan KIE (Komunikasi Informasi Edukasi) dengan sistem konseling dari rumah ke rumah mengingat dalam situasi pandemi Covid-19.

“Adanya sinergi antara TNI dalam hal ini Kodim 1616/Gianyar dengan PLKB Kecamatan Tampaksiring ini dapat meningkatkan tercapainya derajat kesehatan masyarakat, apalagi saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 sehingga upaya maupun dukungan dari program ini dapat bermanfaat secara langsung untuk masyarakat,” papar Kapten Inf I Wayan Sudana selaku koordinator kegiatan.

Saat dikonfirmasi terpisah, Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro mengatakan Kodim 1616/Gianyar selalu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar dan Dinas Keluarga Berencana serta BKKBN untuk memfasilitasi masyarakat yang memerlukan pelayanan KB Kesehatan dan pemasangan alat kontrasepsi secara gratis.

“Kegiatan pelayanan KB gratis ini merupakan kegiatan program Kodim 1616/Gianyar secara berkesinambungan sesuai program yang telah tersusun oleh TNI AD guna membantu kaum perempuan khususnya ibu rumah tangga yang berada di daerah pedesaan dengan sistem jemput bola sehingga pelayanan ini dapat terjangkau dan langsung dapat dilayani dengan waktu yang efektif dan efisien,” jelas Dandim Letkol Frandi Siboro.

Hadir dalam kegiatan program KB Kesehatan kali ini, antara lain Danramil 1616-03/Tampaksiring Kapten Inf I Gede Astawa, Perwira Seksi Teritorial Kodim 1616/Gianyar Kapten Inf I Wayan Sudana, PLKB Kecamatan Tampaksiring Putu Sawitri, A.Md. Keb. ,S.K.M., serta Perbekel Sanding Dewa Dewa Gede Mahendra. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News