Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kodam IX/Udayana menyelenggarakan kegiatan Komsos Kreatif melalui pentas seni budaya, olahraga, dan sosio drama kepahlawanan daerah dan nasional, diantaranya adalah pencak silat.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Terima Kunjungan Komandan Kapal Perang Prancis FNS Vendemiaire

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., dalam sambutannya yang dibacakan Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Jemz A. Ratu Edo saat pembukaan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Kodam IX/Udayana TA 2020 yang bertemakan “Membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) Kreatif, Inovatif dan Adaptif di Tengah Pandemi Wabah Virus Covid-19”, Kamis (25/6/2020) di Aula Udayana Makodam IX/Udayana.

Komsos merupakan salah satu metode Binter dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan kepada segenap komponen bangsa, sehingga terwujud Kemanunggalan TNl-Rakyat dan meningkatnya partisipasi komponen bangsa di bidang pertahanan negara.

Makna pesan yang disampaikan melalui kegiatan Komsos Kreatif atau melalui berbagai media yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi wilayah serta memanfaatkan potensi kearifan lokal yang dimiliki daerah, juga diarahkan pada terwujudnya ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh dalam rangka pertahanan negara aspek darat.

Kegiatan Komsos Kreatif yang digelar dengan melibatkan IPSI Provinsi Bali, dikarenakan pencak silat merupakan warisan kepribadian budaya Bangsa Indonesia yang mengandung banyak unsur pembelajaran baik untuk mencetak generasi penerus bangsa yang sehat jasmani dan rohani karena memerlukan konsentrasi yang tinggi. Pencak silat ini bukan saja dipelajari oleh Bangsa Indonesia tetapi sudah mendunia dengan Induk organisasi pencak silat yaitu Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

“Semoga kegiatan yang digelar ini dapat menjadi inspirasi bagi instansi atau organisasi kemasyarakatan lainnya untuk melakukan kegiatan serupa, sehingga kedepan tercipta generasi baru Indonesia yang memiliki jiwa cinta tanah air serta mampu mengangkat harkat, martabat dan kejayaan bangsa di kancah nasional maupun internasional,” harap Pangdam.

Terkait pelaksanaan Komsos Kreatif Kodam IX/Udayana yang juga dihadiri Ketua Perguruan Silat Nasional yang Ampuh, Sehat, Aman dan Damai (Persinas ASAD) Bali, Drs. Polih Suluhatkarso, M.Sn tersebut, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P. menjelaskan, bahwa selain dilaksanakan sosialisasi tentang kegiatan Komsos Kreatif dan sosialisasi kewaspadaan bahaya Covid-19 dan tatanan kehidupan baru masyarakat produktif, juga diisi pementasan seni beladiri dari Persinas ASAD Bali berupa peragaan seni gerak beregu, peragaan perorangan menggunakan senjata (pisau, toya dan double stick), serta pertarungan seni beladiri. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News