Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya didampingi Danrem 163/WSA, Kapok Sahli Pangdam IX/Udy, Asops Kasdam IX/Udy dan Aster Kasdam IX/Udy mengikuti kegiatan webinar di tingkat nasional yang digelar Mabes TNI dengan tema “Optimalisasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19, Jumat (26/6/2020) bertempat di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Baca Juga :  10 Besar Nasional, Klungkung Raih Penghargaan Pembangunan Daerah dari Bapennas

Kegiatan tersebut diikuti dari Kementerian Koordinator Bidang PMK, Kementerian Kesehatan, Kasum TNI didampingi para Pejabat Mabes TNI, para Pejabat Mabes Staf TNI (AD, AL dan AU), para Pangkotama dan para Danrem Jajaran Pangkotama, serta para Kapolda seluruh Indonesia. Selaku pembicara diantaranya Kepala BNPB selaku Ketua Gugus Tugas Nasional, Tim Pakar Gugus Tugas (Prof. Drh. Wiku Adisasmito), Asops Panglima TNI, Karobinops Sops Polri, dan Danrem 031/Wira Bima.

Acara diawali pembukaan oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto yang pada intinya menyampaikan bahwa arahan Presiden Joko Widodo tentang adaptasi kebiasaan baru dengan menciptakan pra kondisi yang ketat dengan sosialisasi kepada masyarakat yang dilakukan secara masif mengenai protokol kesehatan.

Mendukung arahan Presiden tersebut, TNI bersama Polri dan lembaga masyarakat lainnya melaksanakan perbantuan baik kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam rangka penanganan Covid-19 setelah terjadinya pandemi. Termasuk di dalamnya operasi kedisiplinan protokol kesehatan yang dilaksanakan secara masal pada akhir Mei lalu sampai saat ini.

Sosialisasi, edukasi dan simulasi yang masif dengan memanfaatkan berbagai macam informasi menjadi sarana efektif dengan platform media menjadi cara yang efektif dan efisien untuk membangun sarana masyarakat akan aksi pentingnya protokol kesehatan. “Seluruh upaya pendisiplinan harus dilakukan secara humanis dan persuasif sehingga kesadaran masyarakat dapat timbul secara alami,” katanya.

Dari kegiatan webinar ini diharapkan dalam kegiatan operasi pendisiplinan protokol kesehatan masyarakat untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka harus koordinasi dan kerjasama antar Kementerian dan Lembaga Pemda serta komponen bangsa lainnya harus kuat baik di tingkat nasional maupun daerah. Terwujudnya ketangguhan masyarakat dalam menghadapi Covid-19 yang dimulai dari keluarga, komunitas kampung dan daerah yang akan memperkuat ketahanan negara di bidang kesehatan, dan penguatan perilaku masyarakat untuk taat kepada protokol kesehatan menuju Indonesia maju dan Indonesia sejahtera.

“Selanjutnya, peran dan kontribusi TNI, Polri untuk menjadi ujung tombak dalam penanganan Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia membantu Satgas Tingkat Nasional dan Gugus Tugas di daerah serta kita bekerja dalam satu komando dari Bapak Presiden RI dalam menopang dan menunjang penanganan Covid-19 di seluruh Indonesia,” tutup Kasum TNI. (dar/bpn)