Sumber Foto : Humas Badung

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNGMenyediakan infrastruktur transportasi yang aman dan nyaman bagi warga dan wisatawan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Badung. Salah satunya adalah dengan rencana proyek pemasangan trotoar sepanjang Jalan Canggu Batubolong. Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Pemkab Badung mempercepat pembangunan pedestrian sepanjang 1.2 Km dengan anggaran Rp10 M dengan tujuan agar masyarakat dan wisatawan mancanegara yang menghabiskan waktu liburannya di kawasan Canggu merasa betah dan nyaman.

Baca Juga :  Libatkan Seniman Bondres, Kemenparekraf RI Kampanye Gerakan Pakai Masker

Sehubungan dengan hal tersebut Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Wabup Suiasa bersama Sekda Adi Arnawa, turun langsung memimpin peninjauan rencana pembangunan trotoar di Desa Canggu, Senin (22/6/2020).

Turut hadir Anggota DPRD Badung Dapil Kuta Utara Made Suryananda Pramana dan Wayan Sandra, Kadis PUPR IB Surya Suamba, Kepala Bappeda Made Wira Darmajaya, Kepala BPKAD Ketut Gde Suyasa, Kadis LHK I Wayan Puja, Kadis Kominfo IGN Jaya Saputra, Kabag Humas Made Suardita serta Camat Kuta Utara Putu Eka Parmana dan Perbekel Canggu Nengah Lana.

Bupati Giri Prasta mengatakan bahwa masih ada beberapa pekerjaan insfratruktur yang harus diselesaikan meskipun saat ini ada wabah pandemi Covid-19. Salah satunya menata kawasan wisata yang ada di Kabupaten Badung, terkait kondisi pedestrian atau trotoar yang belum semuanya dalam kondisi yang baik.

“Penataan ini selain dilakukan untuk mempercantik kawasan, namun juga memberi ruang bagi para pejalan kaki,” katanya.

Menurut Bupati, pada tahun 2020 ini pihaknya gencar melakukan penataan pedestrian maupun jalan shortcut di Kawasan Canggu guna mencegah kemacetan serta menambah estetika wajah DTW Canggu sebagai salah satu tempat populer tujuan wisatawan mancanegara.

“Hari ini kami selaku pimpinan Pemerintah Kabupaten Badung melakukan peninjauan lapangan terhadap rencana pelaksanaan pemasangan trotoar di Jalan Raya Canggu sesuai dengan kebutuhan masyarakat Canggu, masyarakat umum maupun wisatawan. Mulai besok PUPR akan mulai pelaksanaan pengerjaannya. Proyek sepanjang 1.2 Km ini kami berikan anggaran Rp10 M, pada kesempatan ini saya juga menyampaikan permintaan maaf apabila pembangunan trotoar ini dianggap lambat. Saya juga menyampaikan terimakasih banyak kepada seluruh masyarakat, Kelian dan Perbekel Canggu serta Camat Kuta Utara, apa yang kita laksanakan hari ini sebagai wujud rasa sayang Giri Prasta kepada masyarakat Canggu pada khususnya dan Badung pada umumnya,” ujarnya.

Seusai kegiatan peninjauan proyek trotoar, Bupati Badung bersama rombongan melanjutkan kegiatan dengan melaksanakan penghijauan di kawasan Pura Dalem Desa Adat Tandeg, Desa Tibubeneng. Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta bersama Wabup Suiasa dan Sekda Adi Arnawa serta masyarakat setempat melakukan penanaman Pohon Tabebuya sebanyak 250 pohon.

Giri Prasta berharap dengan penghijauan ini kawasan Tandeg menjadi asri, mengingat pohon memiliki sejuta manfaat bagi kehidupan umat manusia. Diantaranya menurunkan tingkat polusi udara dan menjaga kualitas air serta menjadi rumah bagi beberapa hewan.

“Melalui gerakan satu pohon sejuta manfaat ini, kita ajak masyarakat untuk semakin mencintai lingkungan dengan mengimplementasikan konsep Tri Hita Karana. Kita bisa belajar banyak dari pohon. Pohon yang tidak bisa berpindah tempat saja mampu memberikan banyak manfaat untuk umat manusia dan lingkungan. Kita sebagai manusia yang diberikan kesempurnaan potensi dasar Sabda, Bayu dan Idep oleh Hyang Widhi Wasa harus mampu lebih bermanfaat bagi sesama mahluk dan lingkungan sekitar,” tegasnya.(humas-bdg/bpn)