Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tim Bantuan Medis Janar Duta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menggelar kegiatan donor darah di Denpasar. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, 27-28 Juni 2020 di Gedung Skill Lab Cakra Vidhya Usadha Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Gencar Laksanakan Tracking, Screening dan Testing

Koordinator Lapangan Donor Darah 2020 AM XXIX TBM Janar Duta, Ni Nengah Devianti Wulan Pradnyani mengungkapkan pelaksanaan donor darah ini bekerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Sanglah dan dibantu oleh PPDI Kota Denpasar.

“Kami berinisiatif untuk mengadakan kegiatan donor darah di masa pandemi ini karena stok darah khususnya di PMI memang sangat sedikit, sementara saudara-saudara kami di luar sana sangat banyak yang memerlukan darah. Karena itu kami tidak bisa hanya berdiam diri dan akhirnya memutuskan untuk mengadakan donor darah,” kata Wulan Pradnyani.

Dalam pelaksanaan donor darah ini, pihaknya tetap mengutamakan keselamatan pendonor dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Diantaranya menyediakan tempat mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh, physical distancing, pembatasan jumlah orang di dalam ruangan, dan penyemprotan disinfektan baik sebelum maupun sesudah kegiatan berlangsung.

“Sesuai anjuran pemerintah kami tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut. Peserta dicek suhu tubuhnya sebelum memasuki ruangan, pengadaan alur sehingga tetap terjaga untuk physical distance-nya, pengaturan kursi dan meja dengan jarak satu meter, pembatasan orang di dalam ruangan, serta mewajibkan panitia maupun peserta menggunakan APD minimal masker,” imbuhnya.

Donor darah diikuti oleh masyarakat umum dengan target sebanyak 100 kantong darah dalam satu hari. “Pada hari kedua kami memperoleh melebihi target, yaitu sebanyak 130 kantong darah,” tutupnya.(dar/bpn)