Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Kodim 1610/Klungkung menggelar tes urin kepada personel bertempat di Makodim 1610/Klungkung, Jl. Ahmad Yani No. 2, Semarapura Kaja, Selasa (30/6/2020).

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Kegiatan ini dilaksanakan secara berkala sebagai upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) untuk seluruh personel baik Militer dan Pegawai Negeri Sipil Kodim 1610/Klungkung.

“Kegiatan P4GN dan tes urin ini dilaksanakan secara rutin dan dikoordinir oleh Staf Intelijen Kodim 1610/Klungkung untuk mencegah keterlibatan Prajurit TNI dan PNS dalam masalah Narkoba,” ungkap Pjs Pasi Intel Kodim 1610/Klungkung Letda Inf I Nyoman Surata seizin Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.E., M.Tr.,(Han).

Dikatakan, TNI sudah jelas dan tegas menyatakan perang terhadap Narkoba. Ini sudah menjadi komitmen, bahwa Narkoba sangat berbahaya bagi generasi muda dan semua pihak. Apalagi, Bali sebagai daerah tujuan wisata sangat memungkinkan dijadikan tempat bertransaksi atau mengedarkan Narkoba tersebut.

Banyaknya lalu lintas manusia baik domestik maupun luar negeri yang datang ke Bali, memungkinkan dapat digunakan sebagai kurir Narkoba atau sasaran penjualan Narkoba masuk ke Bali.

“Sebagai Prajurit TNI harus bisa menjadi contoh dan pelopor dalam memerangi Narkoba. Harapannya kita mampu melemahkan serta mencegah jaringan sindikat Narkoba yang masuk ke wilayah Bali khususnya ke wilayah Kabupaten Klungkung,” tegasnya.

Hal itu bisa diawali dari diri sendiri, keluarga dan satuan. “Apabila dalam tes urin ini ada yang terbukti menggunakan atau bahkan sebagai pengedar Narkoba maka akan diberikan konsekuensi dan menjalani proses hukum sampai dengan pemecatan,” imbuhnya.

Dari hasil pemeriksaan tes urin tersebut tidak ditemukan indikasi keterlibatan Prajurit maupun PNS Kodim 1610/Klungkung dalam penyalahgunaan Narkoba.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 1610/Klungkung Mayor Inf Hari Sulasto, para Danramil dan Perwira Staf Kodim 1610/Klungkung serta anggota Militer/PNS Kodim 1610/Klungkung berjumlah 65 orang. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News