Sumber Foto : Astra Motor Bali

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sejak pertama kali diluncurkan, fitur teknologi sepeda motor Honda yang mengusung teknologi Smart Key sudah membuat penasaran masyarakat.

Baca Juga :  Dapatkan Untung Banyak dan Promo Menarik di Honda Virtual Expo Astra Motor Bali

Tehnical Service Supervisor Putu Hendra Sagita mengatakan banyak fungsi yang disematkan pada fitur teknologi smart key namun baru beberapa yang tahu cara pengoperasiannya.

“Pada bagian atas tombol (simbol sepeda motor) adalah tombol answer back, berfungsi untuk mengetahui posisi kendaraan kita ada dimana, lewat suara dan kedipan lampu sein yang muncul dari kendaraan sesaat setelah tombol ini ditekan,” ujar Hendra, Kamis (28/5/2020).

Namun ada triknya untuk tombol ini kalau kamu tidak menginginkan ada suara dari motor ketika tombol ini ditekan. “Caranya adalah dengan tekan dan tahan tombol answer back selama 2 detik, sehingga lampu led yang di-remote berkedip merah, nah setelah berkedip merah, tandanya ketika kamu tekan tombol answer back maka motormu hanya akan mengedipkan lampu sein saja tanpa ada suara,” jelas Hendra.

Sedangkan, cara mengembalikan suaranya juga sama seperti tadi, yaitu dengan menekan kembali tombol answer back selama 2 detik sampai lampu LED Remote berwarna hijau.

Sementara, untuk yang berada di tengah-tengah remote (simbol speaker) adalah tombol untuk antitheft atau alarm motor. “Ketika tombol ini ditekan maka fitur alarm pada motor akan aktif, Tahukah kamu? Ketika hanya terjadi getaran alarm ini akan berfungsi selama 10 detik dan ketika motor bergeser dipindahkan/berubah posisi alarmnya akan aktif selama 60 Detik, sensitivitasnya juga bisa diatur tapi karena prosesnya yang panjang, ini perlu bantuan teman-teman Mekanik AHASS untuk mengaturnya, ada 2 opsi untuk menonaktifkan alarm ini, pertama boleh dengan menekan kembali tombol alarm yang ada di-remote, kedua dengan menekan knob smart key untuk menghidupkan motor,” tambah Hendra.

Selain itu, fitur anti theft ini bila diaktifkan dan motor tidak terpakai selama 10 hari maka fungsinya akan otomatis nonaktif, hal ini bertujuan untuk menghemat kapasitas baterai yang terpakai selama fitur ini diaktifkan. Jarak efektif fungsi Answer Back dan Anti theft maksimum bisa sampai jarak 20 meter.

Baca Juga :  Apresiasi Siswa Berprestasi di Ajang AHM Best Student, Astra Motor Bali Serahkan Plakat Penghargaan

Tombol yang terakhir adalah tombol smart key yang letaknya ada dibagian paling bawah remote (simbol kunci). Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan smart key sistem pada sepeda motor, namun tidak hanya itu saja fungsi dari tombol ini.

Hendra menambahkan proses registrasi remote cadangan dan remote baru, juga registrasi komponen lain dalam smart key wajib menggunakan tombol ini juga dan  tips paling mudah bisa kamu lakukan dengan tombol ini adalah setting hidup/mati suara aktivasi smart key.

“Untuk membuat silent aktivasi smart key caranya gampang, pertama posisikan smart key pada posisi off dengan menekan dan tahan tombol selama 2 detik, sampai lampu LED berkedip merah, setelahnya tekan tombol smart key lanjut answer back dalam waktu kurang dari 2 detik. Terakhir aktifkan kembali remote smart key sampai berwarna hijau, dan perhatikan kedipan LED remote hanya sekali saja, yang menandakan bila kamu menghidupkan motor maka tidak akan muncul suara biipp dari motor,” jelas Hendra.

Baca Juga :  Tutup Akhir Bulan Romantis, Ada Harga Manis dan Paket Servis Hemat di AHASS Bali

Untuk mengaktifkan kembali suara biip saat motor dihidupkan caranya sama seperti diatas. “Dimana pada langkah akhir indikasi LED smart key warna hijau berkedip. Jarak efektif untuk mengaktifkan smart key ini adalah 2 meter dari kendaraan,” tutur Hendra.

Selain teknologi yang dimiliki Honda, layanan untuk memanjakan konsumen ditawarkan AHASS Bali diantaranya program “SRUPUT ASIK” yang memiliki 4 kemudahan layanan yaitu cukup telpon AHASS dari rumah, lalu motor dijemput, kemudian motor diservis di AHASS, dan motor diantar kembali ke rumah konsumen, merupakan salah satu upaya kemudahan pengecekan kendaraan di tengah penerapan kebijakan terkait physical distancing tanpa perlu keluar rumah.

Layanan Motorku X merupakan layanan terbaru untuk melakukan booking service secara online dengan 3 keunggulan diantaranya mudah yaitu booking service semudah pakai jempol #gakpakeribet, Praktis yaitu tidak perlu antri #gapakeantri, seru yaitu dapatkan fitur games,loyalti, dan promo yang menarik #gapakebosan.

Baca Juga :  Peringati Hari Pers Nasional 2021, Astra Motor Bali Apresiasi Insan Pers dengan Voucher Servis Gratis

Cara menggunakannya pun sangat mudah, berikut langkahnya klik icon service, pilih motor, lalu perbaharui kilometre motor, pilih AHASS, pilih jenis service rumah.

Selain itu ada juga layanan HONDA CARE yaitu layanan service motor langsung di tempat dan juga menangani road emergency. Apabila mengalami kendala pada sepeda motor Honda di jalan raya cukup Hub. 0361-438008 (Jam Kerja), agent Honda Care akan langsung memberikan penanganan dengan jam operasional 24 jam diarea Bali. Program ini sekaligus memberikan kenyamanan kepada konsumen yang akan service di rumah maupun yang mengalami masalah di jalan missal motor mati, ban kempes dll.(r/bpn)