Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Berselang sehari dengan gempa di Buleleng, pada Kamis (28/5/2020) pukul 15.23 Wita sebagian wilayah Lombok dan Karangasem diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,3. Episenter gempa tepatnya berlokasi di laut pada jarak 159 km barat laut Lombok Barat, NTB pada kedalaman 10 km.

Baca Juga :  Hadirkan Kapal Megah di Atas Klinik, OMDC Resmikan Kidz Dental di Bali

“Masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” ujar Kepala BB-BMKG Wilayah III Denpasar, Drs. M. Taufik Gunawan.

Dikatakan, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Mataram III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu) dan Karangasem II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 15.45 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan,” jelasnya. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News