Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASARSejak mewabahnya Virus Corona (Covid-19), membuat berbagai sektor termasuk sektor pariwisata Bali menjadi andalan bali menjadi kini benar benar mati. Kondisi ini pun membawa dampak langsung kepada pelaku pariwisata tidak terkecuali para Pramuwisata di Bali yang menjadi garda terdepan kemajuan pariwisata merasakan beratnya kondisi saat ini.

Baca Juga :  Kasus Positif Covid-19 di Kota Denpasar Meningkat 18 Orang, Kasus Meninggal Dunia Nihil

Ketua DPD HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Bali, I Nyoman Nuarta, SH mengatakan, dampak Covid-19, lima ribu anggota Pramuwisata tergabung di HPI kehilangan pekerjaan sehingga mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhan finansial mereka, dimana 70 persen merupakan pramuwisata yang sudah berkeluarga.

“Kondisi pramuwisata kita sekarang sangat miris sekali, di tengah Covid-19 harus memenuhi kebutuhan sehari hari namun, di satu sisi mereka tidak ada pemasukan. Kalau pun Pramuwisata akan   mencari pekerjaan lain sangat sulit didapat di tengah pandemi Corona ini,” ujar Nuarta saat ditemui di kantor DPD HPI Bali di denpasar.

Lebih lanjut Nyoman Nuarta mengatakan, untuk meringankan beban ribuan Pramuwisata ini, DPD HPI bali melakukan langkah langkah cepat dan strategis. Untuk di internal Organisasi DPD HPI bali memberikan diskon 50 persen bagi iuran anggota setiap bulan nya. Selama ini sebelum Covid-19, iuran anggota 10 ribu, tetapi HPI Bali kini hanya dikenakan setengah nya, yaitu lima ribu rupiah untuk meringankan beban Pramuwisata.

“Kita berupaya agar beban yang ditanggung Pramuwisata lebih ringan dengan memberikan diskon iuran kepada anggota, ini diberikan dari bulan April hingga Oktober mendatang jika kondisi mewawabahnya pandemi ini berlangsung lama nantinya akan diperpanjang lagi,” jelas Nuarta.

Baca Juga :  Transmisi Lokal Meningkat, Suwirta Keluarkan Perbup 66 Tahun 2020

Selain melakukan langkah kongkret memberikan keringanan iuran anggota setiap bulan, Nyoman Nuarta menyampaikan pihak nya di organisasi DPD HPI bali secara mandiri akan memberikan bantuan sembako kepada Pramuwisata sebagai bentuk kepedulian kepada anggota. Bantuan sembako ini diberikan kepada Pramuwisata yang tidak kebagian mendapatkan bantuan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Bantuan sembako ini kita berikan kepada anggota yang bertujuan agar tidak terjadi kegaduhan di tengah pandemi Covid-19.

“Estimasi sekitar 2000 lebih anggota DPD HPI BALI tidak mendapatkan sembako, dan itu akan kita siapkan dengan dana hampir 500 juta dari organisasi,” tutup Nyoman Nuarta.(ads/pbn)