Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangkaian HUT ke-63, jajaran Kodam IX/Udayana melaksanakan kegiatan bakti sosial sebagai wujud peduli Covid-19 bertempat di aula Makorem 163/Wira Satya, Denpasar, Rabu (20/5/2020). Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya donor darah, rapid test, serta penyerahan tali kasih dan mobil ambulance kerjasama Kodam IX/Udayana dan Bank BNI.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Hadiri HLM TPID Provinsi Bali

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, SIP menyampaikan pelaksanaan rapid test ini dimaksudkan agar personel TNI khususnya merasa aman dan percaya diri dalam menjalankan tugas.

“Agar semua dites, tidak hanya anggota TNI sehingga semua merasa terlindungi dengan baik, dan pastinya tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Pangdam Benny Susianto.

Pada kesempatan ini rapid test diikuti sebanyak 150 personel TNI. Selain itu, Kodam juga melaksanakan rapid test bagi 250 masyarakat umum bertempat di RSAD Udayana, di Jalan Sudirman, Denpasar.

“Karena banyak masyarakat bersentuhan dengan aktivitas sosial, seperti tukang parkir, petugas kebersihan dan karyawan pertokoan, sehingga mereka bisa memanfaatkan rapid test ini dengan maksud agar lingkungan kita steril betul. Jika ada yang terjaring maka kita akan koordinasikan dengan Satgas Covid-19 sebagaimana SOP yang berlaku di Bali. Kita doakan bersama masyarakat Bali aman semua,” paparnya.

Ditambahkan Pangdam, grafik mingguan dari akhir April sampai minggu ketiga Mei 2020 menunjukkan penurunan kasus Covid-19 di Bali. Meski sempat ada penambahan kasus positif sebanyak 12 orang dalam sehari, namun angka kesembuhan jauh lebih tinggi. Inilah yang membuat Bali dinilai berhasil oleh Satgas Nasional.

“Kalau penambahan pasti ada, karena ini merupakan pandemi di dunia, masyarakat kita juga masih ada yang datang dari luar negeri ke sini, tapi bagaimana kita mampu mengerem atau mencegah terjadinya penyebaran yang begitu masif,” ungkapnya.

Keberhasilan penanganan Covid-19 di Bali berkat kerjasama Satgas, serta koordinasi yang ketat antar unsur dari provinsi hingga kabupaten kota yang dipimpin oleh kepala daerah masing-masing berjalan dengan baik. “Ini yang membuat saya bangga di sini (Bali). Tidak ada yang miss, semua berjalan dalam satu kendali oleh Bapak Gubernur,” pungkasnya.

Sementara Kakanwil BNI 46 Bali-Nusra, I Made Sukajaya mengatakan penyerahan 100 paket sembako dan 1 unit mobil ambulance yang bertajuk “BNI Berbagi” kali ini sebagai dukungan Bank BNI kepada Kodam IX/Udayana dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kegiatan ini turut pula dihadiri Irdam Udayana Kolonel Inf Arudji Anwar, Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Husein Sagaf, SH, dan Ketua PMI Provinsi Bali IBG Alit Putra. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News