Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASARWakil Walikota IGN. Jaya Negara menerima secara simbolis bantuan paket Sembilan bahan pokok (sembako) dari tiga perguruan tinggi yakni STIKES Wira Medika Bali, Institut Pariwisata dan Bisnis International, serta Universitas Bali International. Bantuan ini selanjutnya diserahkan kembali secara simbolis kepada Lurah Penatih, Wayan Astawa di kantor Kelurahan setempat, Minggu (10/5/2020).

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Beberkan Persiapan Pemprov Bali Sambut Event Internasional WWF ke-10

Penyerahan bantuan ini tetap mengutamakan protokol kesehatan diantaranya menjaga jarak fisik, dan penggunaan masker. Jaya Negara memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam membantu masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat Covid-19. Saat ini bantuan paket sembako kepada warga Kelurahan Penatih dengan harapan mampu membantu kebutuhan dasar bagi masyarakat yang terdampak virus corona.

Jaya Negara juga menjelaskan,  Pemberian paket sembako ini diutamakan bagi keluarga yang kurang mampu, kaum disabilitas, para lansia dan penyandang masalah kesejahteraan sosial lainya, termasuk juga orang yang berstatus ODP, PDP dan keluarga yang positif covid 19, serta karyawan yang mengalami PHK dan yang dirumahkan.  Penyaluran bantuan sembako ini  dilaksanakan karena menyangkut kebutuhan pokok warga, namun demikian dilaksanakan dengan sistem jemput bola. Selain sembako juga diserahkan bantuan disinfektan serta APD.

Dalam kesempatan tersebut Jaya Negara juga mengimbau Satgas Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan serta Satgas Gotong Royong Desa Adat untuk lebih selektif dalam memantau mobilitas penduduk daerahnya.

“Mari tingkatkan kewaspadaan, mengikuti anjuran pemerintah, jika tidak mendesak lebih baik dirumah saja, biasakan diri dengan PHBS, cuci tangan pakai sabun pada air mengalir,” ujar Jaya Negara.

Baca Juga :  Rayakan Hari Konsumen Nasional, OJK Bali Gelar Edukasi Penyandang Disabilitas dan Yowana Gema Santi

Selain itu pihaknya mengaku untuk kasus PMI di Kota Denpasar sudah dapat ditangani, namun saat ini beberapa ada kasus tranmisi lokal. Oleh karena itu pihaknya mengaku pertengahan bulan Mei akan diberlakukan PKM (Pembatasan Kegiatan Masyarakat) untuk itu bantuan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat sangat diperlukan. Dirinya juga berharap seluruh komponen masyarakat bisa saling bahu membahu serta bergotong royong menyikapi hal ini. Pemerintah Kota Denpasar melalui APBD juga sudah mengucurkan bantuan baik berupa sembako maupun BLT.

Sementara Lurah Penatih, Wayan Astawa  mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran STIKES Wira Medika Bali, Institut Pariwisata dan Bisnis International, dan Universitas Bali International yang telah memberikan bantuan paket sembako serta APD.

Bantuan ini tentunya sangat memberikan manfaat kepada warga Kelurahan Penatih yang terkena dampak dari virus corona. Bantuan ini akan dikoordinasikan dengan tim satgas Covid-19 Kelurahan Penatih serta melakukan pendataan yang nantinya bantuan ini dapat tersalurkan tepat sasaran.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Kolaborasi Bersama PSOI, Gelar Denpasar Surf Challenge 2024

Disamping itu Astawa juga menjelaskan pihaknya bersama tim satgas Covid-19 desa telah melakukan langkah antisipasi dalam mencegah penyebaran virus corona. Wajib masker menjadi gerakan bersama serta penyemprotan disinfektan secara rutin telah dilakukan.

“Kami telah menerima bantuan berupa beras, minyak, mie instan dan masker dari pihak Perguruan Tinggi yang segera  akan kami serahkan secara jemput bola,” ucap Astawa. (eka/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News