Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Lion Air Group yakni Lion Air, Wings Air dan Batik Air akan beroperasi kembali melayani jaringan domestik mulai Minggu (10/5/2020) mendatang.

Baca Juga :  GiriAsa Resmi Tempati Kolom Kanan Pada Pilbup Badung 2020

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan calon penumpang wajib melengkapi dan menunjukkan kelengkapan dokumen perjalanan yang dibutuhkan serta mengikuti protokol pengamanan kesehatan diri sebagaimana diberlakukan dalam aturan dimaksud.

“Lion Air Group dalam beroperasi tetap menjalankan standar operasional prosedur (SOP), melakukan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang diberlakukan serta tidak menyebabkan penyebaran Covid-19,” kata Danang.

Ditambahkannya, operasional Lion Air Group dipersiapkan secara menyeluruh dan berupaya maksimal dalam rangka memberikan pelayanan dengan melaksanakan berbagai langkah antisipasi, agar tujuan pelaksanaan penerbangan rute domestik tetap berjalan berdasarkan ketentuan berlaku yang memenuhi aspek keamanan, keselamatan perjalanan udara (safety first).

Demi memastikan keseluruhan unsur-unsur tersebut, Lion Air Group menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama pandemi Covid-19, antara lain untuk kesehatan awak pesawat dan petugas layanan lainnya, Lion Air Group sudah mengikuti rekomendasi protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu badan, menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan, membersihkan tangan dengan cairan (hand sanitizer), penggunaan sarung tangan dan wajib menggunakan masker.

“Pemeriksaan kesehatan awak pesawat sebelum penerbangan wajib dan sangat penting guna menentukan kondisi sehat serta laik terbang serta tindakan preventif lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Bupati Buleleng Berencana Ubah Skema Penanganan Pasien Covid-19

Selain itu, pengaturan jarak aman antarpenumpang (physical distancing) dalam kabin pesawat pada setiap penerbangan.

Prosedur pemeliharaan dan perawatan pada semua armada dikerjakan secara berjadwal dan tidak berjadwal. Sterilisasi dan kebersihan pesawat terus dilakukan secara rutin serta ditingkatkan, meliputi aircraft interior exterior cleaning (AIEC), terdiri aircraft interior cleaning (membersihkan detail setiap bagian dalam pesawat) dan aircraft exterior cleaning (membersihkan bagian luar pesawat).(dar/bpn)