Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG sedang membagikan masker.

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST membagikan ribuan masker kepada para pengunjung pasar maupun pedagang secara gratis.

Baca Juga :  Gede Suyasa Pimpin Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng 2020-2025

Selain dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Buleleng, para donatur yang ikut memproduksi masker sudah mulai berkontribusi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Buleleng.

Kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menerima sumbangan masker yang datang dari Bank BPD Bali Cabang Singaraja serangkaian dengan HUT ke-58 Bank BPD Bali dan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng. Masing-masing menyumbangkan 1.000 masker, sehingga total 2.000 masker dan Bank BPD Bali juga menyumbangkan 25 unit tempat pencucian tangan.

Pemkab Buleleng juga sudah memproduksi ratusan ribu masker yang nantinya akan dibagi pada tiap-tiap kecamatan se-Kabupaten Buleleng. Selanjutnya, masker-masker ini akan dibagikan kepada masyarakat Buleleng secara bertahap. Pembagian masker akan dilanjutkan di seluruh kecamatan se-Kabupaten Buleleng setiap harinya. Selain pembagian masker, pada kesempatan itu kembali Bupati Suradnyana memberikan edukasi terkait Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) di kalangan masyarakat, khususnya di beberapa tempat yang masih terdapat aktivitas masyarakat.

“Saya harap tempat pencucian tangan ini dimanfaatkan dengan baik, sehabis berdagang atau berbelanja ingat cuci tangan dulu baru pulang, jangan lupa tetap pakai masker,” ujar Bupati Pas usai membagikan masker di Pasar Buleleng, Jumat (17/4/2020).

Sementara, Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG juga membagikan Kurang lebih 1.000 buah masker dari PMI Buleleng. Masker dibagikan mulai dari para pedagang, juru parkir, petugas sampah, dan masyarakat di lokasi yang berbeda yakni di Pasar Anyar Singaraja. Ia mengatakan, dengan adanya pembagian masker secara gratis kepada masyarakat harapannya semakin banyak masyarakat yang sadar untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Di samping itu, hal ini juga ditujukan untuk menjaga kenyamanan  dan keselamatan bersama.

“Mudah-mudahan dengan apa yang kita lakukan hari ini dapat mengedukasi pengunjung dan para pedagang pasar disini agar lebih sadar, sehingga kita bisa memutus mata rantai penyebaran covid-19 di buleleng”, ujarnya.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST sedang cuci tangan.

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Kepala Bank BPD Bali Cabang Singaraja, I Made Sudarma menjelaskan seluruh cabang BPD Bali melakukan hal yang sama. Khusus untuk pemasangan tempat pencucian tangan, pihaknya telah menyerahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng dalam hal penentuan lokasi pemasangannya. Sejumlah 25 unit tempat pencucian tangan akan dipasang secara bertahap. Pemasangan ditujukan pada tempat yang berpotensi masih menimbulkan aktivitas masyarakat.

“Dengan sinergitas seperti ini, kami harap pandemi Covid-19 cepat berlalu, sehingga seluruh aktivitas dapat normal kembali,” harapnya. (humas-bllng/bpn)