BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Pemkab Tabanan melalui Dinas Sosial menyiapkan Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk masyarakat yang terdampak wabah covid-19. JPS yang dikucurkan pemerintah pusat itu segera ditindaklanjuti pemerintah daerah, salah satunya program sembako.

Baca Juga :  Tim Gabungan Pemkot Gencarkan Sosialisasi Prokes Sasar Desa/Kelurahan dengan Kasus Tinggi

Saat melakukan teleconference dengan Mensos RI Juliari P. Batubara, Kamis (16/4/2020), Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Kadis Sosial Tabanan I Nyoman Gede Gunawan pun menyimak arahan mensos. Dikatakan bahwa dalam penanganan covid-19, pemda harus saling bersinergi dan tidak hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah pusat.

“Program sosial berupa JPS yang sudah dikucurkan dari pemeritah pusat harus segera ditindaklanjuti pemerintah daerah dengan program sembako, program bansos tunai (BST), dan program PKH yang baru,” ujar mensos.

Sementara Bupati Eka menginginkan pendataan yang real kembali di luar data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), yang telah mendapat bantuan secara reguler tiap bulan. Dia berharap Dinas Sosial Kabupaten Tabanan agar bergerak cepat mendata warga Tabanan yang memang membutuhkan bantuan, terutama bantuan sembako.

Baca Juga :  Pajak Nol Persen Ditolak, Harga Mobil Baru Diprediksi Naik

“Kami sangat mengapresiasi bantuan yang dikucurkan pemerintah pusat, terutama masalah program sembako. Hal itu merupakan kebutuhan yang paling mendesak dan segera ditindaklanjuti,” ujarnya. (ita/bpn)