BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Ditengah kondisi perkembangan pandemi Covid-19 di Bali yang masih terus bertambah, diperlukan kepedulian dan langkah nyata seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal inilah yang dilakukan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kab. Karangasem, Jumat (10/4/2020) dibawah komando I Wayan Purna, S.Sos, M.Si yang juga Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Karangasem.

Para Alumni sekolah pamong APDN/STPDN/IPDN ini melaksanakan edukasi warga dengan turun langsung ke komplek perumahan dan pasar untuk mensosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan membagikan 1.000 lembar masker kepada masyarakat.

Terdapat tiga komplek perumahan yang disasar yaitu Perumahan Manik Mas, BTN Wahyu Permai dan Perumahan Graha Indah Gargita di Kelurahan Subagan, Karangasem yang disemprot dengan disinfektan.

Kegiatan penyemprotan ini bersinergi dengan Koramil Karangasem dan Camat Karangasem yang melibatkan sekitar 30 personil. Berbarengan dengan kegiatan penyemprotan ini, para Purna Praja bersama Babinsa dan Pegawai Kecamatan mensosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) termasuk anjuran pemerintah untuk penggunaan masker saat beraktivitas secara “door to door” kepada warga di tiga komplek perumahan tersebut.

Baca Juga :  Bupati Artha Kembali Kunjungi Warganya yang Sakit

IKAPTK Peduli Covid-19 juga melaksanakan edukasi dan pembagian masker kepada pedagang dan pembeli di Pasar Bebandem serta penyerahan bantuan masker kepada Satgas di Pos Komando Relawan Covid-19 Desa Bungaya Kangin, dengan jumlah total mencapai 1.000 masker. Tampak para pedagang dan pembeli sangat antusias menerima pembagian masker gratis.

Korlap Kegiatan, I Komang Agus Sukasena mengungkapkan bahwa pembagian masker gratis di Pasar Bebandem ini menyasar 464 kios, los, pelataran dan toko yang terdapat di Pasar ini, termasuk pembeli yang sedang berbelanja namun belum menggunakan masker.

“Kami juga melakukan edukasi kepada warga agar mengikuti arahan pemerintah untuk menggunakan masker saat beraktivitas apalagi di pasar yang kecenderungannya ada interaksi yang berpotensi menularkan virus corona,” kata Sukasena.

Sukasena menambahkan bahwa kegiatan sosial ini merupakan bentuk kepedulian IKAPTK Karangasem dalam memerangi penularan Covid-19 di Karangasem. Harapan kami, kegiatan kecil ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berjuang bersama memutus rantai penularan Covid-19 dan juga menjadi motivasi bagi organisasi maupun kelompok masyarakat lainnya untuk bersinergi membantu pemerintah mengatasi pandemi ini.

Baca Juga :  Dishub Denpasar Pastikan Penerapan Prokes Pelabuhan Sanur Berjalan Baik

“Ayo kita bersama-sama bantu pemerintah memerangi virus corona sesuai dengan kemampuan dan peran kita dimasyarakat sekecil apapun itu,” tutupnya.(ads/bpn)