BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Buleleng diguncang gempa bumi tektonik M 2,8 SR (Skala Richter) pada Minggu (5/4/2020) pagi pukul 07.39 Wita.

Berdasarkan update hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menujukkan bahwa gempa bumi ini terletak pada koordinat 8,33 LS dan 115,00 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 Km barat Daya Buleleng, Bali pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

Adapun dampak gempa bumi ini berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Busungbiu-Buleleng II Modified MErcalli Intensity (MMI), dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang danbenda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Dai hasil pemodelan itu menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pihaknya jg mengingatkan agar memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.(r/bpn)