BALIPORTALEWS.COM, TABANAN – Dua orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Tabanan dikonfirmasi positif covid-19. “Mereka dirawat di RSPTN Udayana,” ungkap juru bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tabanan, I Putu Dian Setiawan, Sabtu (11/4/2020).

Berdasarkan aturan revisi 4 pedoman pencegahan dan pengendalian covid-19, yang di-update pada Sabtu sore, kata Dian, telah mencatat sejumlah data. Antara lain OTG (orang tanpa gejala) sebanyak 10 orang, karena banyak yang sudah selesai dalam waktu 14 hari isolasi mandiri. Begitu juga ODP (orang dalam pemantauan) 14 orang.

“Pasien dikonfirmasi positif ada empat orang, terdiri atas dua orang diisolasi atau dirawat di BRSU Tabanan, dan dua orang dirawat di RSPTN Udayana. Mereka adalah PMI yang baru pulang dari bekerja di daerah yang terdampak,” ujar Dian.

Dia pu berharap kerja sama masyarakat Tabanan agar tetap melakukan isolasi mandiri, tidak keluar rumah apabila tidak ada keperlua mendesak sekali, dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat. Selain itu, selalu rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta selalu berpikir positif dalam menghadapi situasi ini.

Baca Juga :  Jumpa Perdana Pengurus PMI Bali 2020-2025, Komit Respon Covid-19

“Dan, sangat diwajibkan untuk menggunakan masker apabila beraktivitas di luar rumah,” tukasnya.

Satgas gotong royong sebagai satgas terdepan di masing-masing desa adat, juga diimbau untuk ikut memantau warganya, baik yang berstatus OTG, ODP, khususnys terhadap warga PMI yang baru pulang, dan agar dengan disiplin melaksanakan protokol isolasi mandiri dengan tidak keluar rumah, sesuai protokol kesehatan yang melibatkan dan berkoordinasi yang baik dengan pecalang, bhabinkamtibmas, babinsa, dan petugas kesehatan di masing masing desa. (ita/bpn)