Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTABegitu pentingnya kedudukan dan peranan pemuda, sampai-sampai Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno pernah berucap, “Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia.”

Kalimat bijak tersebut pantas disematkan kepada anak muda terbaik bangsa yang berkontribusi positif terhadap perubahan nyata bagi masyarakat sekitarnya seperti yang dilakukan oleh para penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards.

Memasuki pelaksanaan tahun ke-11 SATU Indonesia Awards, Astra berkolaborasi dengan Young On Top dan IDN Times, pada hari ini mulai menjaring anak muda di seluruh pelosok Indonesia yang ditandai dengan kick-off 11th  SATU Indonesia Awards 2020 pada hari Senin (2/3/2020).

“Astra menginisiasi SATU Indonesia Awards karena kami meyakini anak muda merupakan penggerak   Indonesia   ke   depan.   Apa   yang   dilakukan   mereka   diharapkan   dapat menginspirasi  anak  muda  lainnya  untuk  membuat  perubahan  positif  demi  kemajuan bangsa,” ujar Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto.

Baca Juga :  Denpasar Raih Penghargaan Kota Lengkap dan Layanan Elektronik untuk Pengamanan Barang Milik Daerah dari Kementerian ATR/BPN RI

Pada  acara  ini  turut  hadir  juri  SATU  Indonesia  Awards  2020  seperti  pegiat  seni  Dian Sastrowardoyo dan pendiri Young On Top Billy Boen.

“Senang sekali bisa kembali menjadi bagian dari SATU Indonesia Awards 2020.  Saya berharap bisa banyak belajar dari para calon penerima penghargaan tahun ini,” ujar Dian.

Pendiri Young On Top Billy Boen berharap kehadiran penerima SATU Indonesia Awards bisa menginspirasi pemuda lainnya untuk melakukan hal baik yang bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri tapi bagi sekitarnya. “Kalau kita bisa sukses pada usia muda, kenapa harus nunggu tua,” katanya.

Astra juga menghadirkan penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tahun 2019 Bidang Lingkungan  Maya  Stolastika  Boleng  yang  akan  berbagi  cerita  tentang  pengalamannya dalam memilih menjadi petani organik lewat usahanya Twelve’s Organic yang kini sudah memiliki 25 petani sayur dan buah.

Maya mengatakan kepada seluruh anak muda Indonesia bahwa jangan pernah ragu untuk melakukan hal baik, “Meskipun sering dianggap orang aneh karena tidak banyak orang yang melakukannya, tetaplah lakukan selama itu baik bagi semua orang,” ujarnya berpesan.

Baca Juga :  Honda Kembali Gelar Skill Contest Tingkat Nasional untuk Teknisi dan Wiraniaga

SATU Indonesia Awards telah mengapresiasi 305 anak muda, yang terdiri dari 59 penerima tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi. Anak muda ini mewakili kategori bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan teknologi serta kelompok.

Selain memberikan apresiasi kepada tiap pemenang berupa uang Rp60 juta, Astra juga memberikan dana pembinaan kegiatan secara berkelanjutan.

Juri SATU Indonesia Awards adalah sebagai berikut:

  1. Prof. Nila Moeloek, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
  2. Prof. Emil Salim, Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana Universitas Indonesia
  3. Prof. Fasli Jalal, Rektor Universitas YARSI & Guru Besar Universitas Negeri Jakarta
  4. Tri Mumpuni, Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA)
  5. Onno W. Purbo Ph.D, Pakar Teknologi Informasi
  6. Toriq Hadad, Presiden Direktur PT Tempo Inti Media Tbk
  7. Riza Deliansyah, Deputy Chief of Corporate Affairs Astra
  8. Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications Astra
  9. Dian Sastrowardoyo, Pegiat Seni
  10. Billy Boen, Pendiri Young On Top
Baca Juga :  Bukti Samsung Galaxy S24 Series Bikin Hasil Foto Lebih Mengesankan

Sebagai bentuk komitmen bahwa Astra bersungguh-sungguh mencari anak-anak muda berprestasi yang tersebar di seluruh pelosok negeri, Astra berkolaborasi dengan mitra lintas bidang yang memiliki semangat sejalan dengan Astra untuk menggerakkan generasi muda Indonesia memajukan bangsa.

Astra telah bekerja sama dengan Tempo, Antara, dan Kumparan. Tahun ini, untuk pertama kalinya Astra menggandeng Young On Top dan IDN Times.

Dengan kolaborasi baru ini, diharapkan dapat menjangkau target pemuda inspiratif agar terdaftar dalam program ini. Jumlah pendaftar SATU Indonesia Awards 2019 mencapai 8.654 pendaftar, naik 45,17% dari tahun sebelumnya yang berjumlah 5.961 pendaftar.

Informasi  lebih  lengkap  tentang  SATU  Indonesia  Awards  2019  dapat  diakses  melalui www.satu-indonesia.com.(r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News