Pembinaan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada ratusan siswa-siswi SMA, tokoh masyarakat, tokoh Agama Badung bertempat di Ruang Pertemuan Kesbang Pol, Puspem Badung, Selasa (10/3/2020).

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Kodim 1611/Badung menyelenggaran kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada ratusan siswa-siswi SMA, tokoh masyarakat, tokoh Agama Badung bertempat di Ruang Pertemuan Kesbang Pol, Puspem Badung, Selasa (10/3/2020).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Dandim 1611/Badung diwakili Perwira Penghubung (Pabung) Mayor Inf Putu Sukedana mengambil tema “Pembinaan Wawasan Kebangsaan Membentuk Masyarakat Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan”.

Ketua Panitia Pelaksana Wawasan Kebangsaan Mayor Inf Made Mustika mengatakan bahwa tujuan diberikan Wawasan Kebangsan di kalangan anak muda ini adalah untuk memantapkan memberikan pemahaman kepada kompenen bangsa tentang wawasan kebangsaan yang berkaitan dengan kebinekaan ras, suku, budaya dan agama untuk bertekad menjadi satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa yaitu Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan kegiatan ini mendatangkan narasumber dari BNN Kabupaten Badung AKBP Nyoman Sebudi dengan materi Bahaya Narkotika, dari Kesbangpol I Nyoman Suendi dengan materi Empat Konsensus Bangsa dari KODIM 1611/Badung oleh Mayor Inf Putu Sukedana dengan materi Bela Negara dan dari Dinas Kesehatan Badung dengan materi Pergaulan Seks Bebas. Dengan peserta berjumlah 100 orang terdiri dari siswa-siswi SMA, Perguruan Tinggi, tokoh masyarakat dan dari Ipakat (Ikatan Putra-Putri Angkatan Darat) Bali.

Baca Juga :  Apel Gelar Pasukan Tni, Bupati Artha: Pilkada Jembrana 2020 Harus Berjalan dengan Lancar, Aman dan Damai

Sementara itu Dandim 1611/Badung dalam sambutannya dibacakan Perwira Penghubung(Pabung) I Putu Sukedana mengatakan bahwa pemahaman wawasan kebangsaan ini penting bagi karena merupakan bentuk pengokohan eksistensi sebagai bangsa yang kuat, bersatu berdaya saing serta terjaganya sejarah dan kecintaan terhadap tanah air.

Dengan permasalahan tersebut, maka kegiatan pembinaan Wawasan Kebangsaan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada seluruh komponen bangsa bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki ciri kas kebinekaan ras, suku, budaya dan agama.

Lebih lanjut dikatakan penguatan rasa nasionalisme atau rasa kebangsaan sebagai bagian dari identitas bangsa yang bermartabat adalah hal yang penting untuk memberikan kesadaran bahwa  Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan potensi alam dan penduduknya yang wajib dijaga dari upaya-upaya pelemahan dan penguasan oleh bangsa lain.

Selain itu pemahaman wawasan kebangsaan yang baik dan benar menjadi dasar untuk memiliki kesiapan dan keteguhan hati untuk menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan serta tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan RI.

Kepada peserta Dandim1611/Badung berharap agar peserta mengikuti seluruh rangkaian  kegiatan dan menyimak materi dengan baik. Di samping itu kegiatan ini adalah memberikan pembekalan materi, terhadap peserta agar benar-benar dipahami sehingga wawasan dan pengetahuan yang di peroleh dapat di sebarluaskan kepada masyarakat dilingkungan masing-masing untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam wujud tanggung jawab sebagai warga negara.(humas-bdg/bpn)