BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Kegiatan edukasi safety riding selalu disosialisasikan untuk masyarakat terutama pengguna sepeda motor. Begitu juga yang dilakukan oleh team safety riding Astra Motor Bali yang menggelar kegiatan positif berbagi ilmu dengan perangkat Banjar Bucu Klungkung.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (27/3/2020) diikuti 7 orang oleh prajuru desa dan pecalang bersama dengan beberapa masyarakat yang menggunakan pakaian adat madya Bali sehingga terlihat kesan budaya Bali dalam edukasi kali ini.

Sosialisasi edukasi safety riding berjalan lancar dan disambut antusias oleh seluruh peserta. Selain materi edukasi safety riding juga sharing mengenai perilaku hidup sehat dan tindakan preventif yang wajib diketahui ketika mengalami kondisi yang kurang fit.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh team safety riding Astra Motor Bali bahwa pentingnya memperlengkapi diri dengan alat pengaman saat berkendara seperti helm sebagai alat pelindung kepala dengan standar SNI, jaket untuk menghalau paparan angin secara langsung ke tubuh pengendara dan sarung tangan untuk menutupi kulit tangan sehingga meminimalisir kotoran debu serta menggunakan masker saat bepergian agar terhindar dari polusi udara.

Baca Juga :  Pelajar Badung Ikuti Lomba Cerdas Cermat Pekan Nasional Keselamatan Jalan

Selalu mencuci tangan dan kaki ketika selesai bepergian agar tetap bersih dan mengharuskan langsung mandi dan mengganti pakaian hingga langsung dicuci.

Kemudian saat berada di keramaian selalu jaga jarak satu dengan yang lain agar terhindar dari penularan dan penyebaran penyakit seperti flu, batuk dan bersin. Menjaga kebersihan adalah salah satu antisipasi dari tertularnya penyakit tertentu dan sekaligus mejadi gaya hidup sehat.

Dalam kesempatan itu pula dilakukan serah terima rambu segitiga hati-hati yang berfungsi sebagai penanda jarak dan informasi kegiatan adat yang sedang berlangsung. Serta rompi pecalang untuk digunakan oleh perangkat banjar yang bertugas sebagai pengatur dan memastikan keamanan saat upacara adat berlangsung.

Penyerahan ini sebagai bentuk kegiatan sosial CSR Honda untuk Bali yang dapat digunakan untuk kegiatan adat dan keagamaan oleh warga banjar Bucu Klungkung.

“Edukasi ini kami berikan sebagai bentuk kepedulian kami kepada para warga sebagai pengguna sepeda motor di wilayah pedesaan. Sesuai kampanye safety riding yang kami gaungkan yaitu #Cari_Aman dijalan, kami berharap mereka semakin paham bagaimana berkendara yang baik dan benar serta kelengkapan berkendara yang wajib untuk digunakan. Di tengah kondisi yang mana seluruh masyarakat di himbau untuk save mandiri maka kami ingin berkontribusi melalui perubahan mindset positif tentang berkendara yang baik dan aman dan selalu ingat jargon “Cari_Aman dulu, lanjut jalani hidup sehat,” ungkap Ngurah Iswahyudi, Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali.

Baca Juga :  Video Competition Harpelnas, Astra Motor Bali Raih Juara Favorit

Konsistensi Honda dalam menggaungkan keselamatan berkendara di jalan raya diwujudkan dengan perspektif baru bagi generasi muda agar dapat meningkatkan minat dan komitmen mereka dalam keselamatan berkendara dengan tagline #Cari_Aman.

Kata ini mengandung makna bersikap hati-hati dengan tetap mengangkat sisi keseruan khas anak muda khususnya masyarakat Bali, namun tetap mengusung dalam makna yang serius dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara dijalan raya dengan berpakain adat.(r/bpn)