Sumber Foto : Maybank

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) hari ini mengumumkan penyelenggaraan lomba lari Maybank Marathon kesembilan di Bali pada 30 Agustus 2020 mendatang. Registrasi peserta dibuka mulai 25 Februari 2020 pkl. 12:00 WIB melalui situs www.balimarathon.com. Kategori yang diperlombakan meliputi marathon (42,195 km), half-marathon (21,0975 km), 10K dan lomba lari anak (kid dash).

Setelah berbagai upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pelaksanaan, pada tahun ini Maybank Marathon berhasil meraih World Label “Bronze Label” Road Race dari World Athletics (sebelumnya International Association of Athletics Federations atau IAAF) dan menjadi lomba lari maraton pertama di Indonesia yang berhasil meraih pencapaian tersebut.

“Bronze Label” hanya dapat diraih setelah memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan dan diverifikasi oleh World Athletics. Persyaratan tersebut antara lain meliputi jarak tempuh serta rute yang telah disertifikasi oleh official course measurer dari Association of International Marathons and Distance Races (AIMS), road closure, sistem pencatatan waktu, kehadiran pelari elit internasional, medical, liputan media, standarisasi kenyamanan dan keselamatan pelari serta kepatuhan terhadap seluruh regulasi lomba yang ditetapkan oleh World Athletics.

Baca Juga :  Cerita Mahasiswa KKN UGM Bantu Siswa Kesulitan Belajar di Tengah Pandemi

Taswin Zakaria, Presiden Direktur Maybank Indonesia mengatakan, “Pencapaian ‘Bronze Label’ dari World Athletics bukan hanya menjadikan Maybank Marathon sebagai lomba lari yang telah memenuhi standar internasional tetapi juga mengangkat Indonesia di kancah lomba lari maraton internasional.”

Selain pencapaian “Bronze Label” dari World Athletics, Maybank Marathon kini juga termasuk dalam lomba lari Abbott World Marathon Majors (WMM) Wanda Age Group World Rankings, dimana peserta pelari Marathon Maybank mendapat poin/ranking sesuai kriteria WMM.

Untuk membantu para peserta lomba mempersiapkan diri sebelum lomba, Maybank Indonesia kembali akan menyelenggarakan aktivitas Road to Maybank Marathon selama enam bulan ke depan. Bekerja sama dengan ahli kesehatan dan running coach, para calon peserta dapat mengikuti pelatihan dan edukasi sebagai langkah persiapan sebelum Race Day termasuk running clinic dan latihan bersama melalui Sunday Morning Long Run. Dalam kesempatan ini juga akan diberikan edukasi tentang cut-off time (COT) lomba per kategori, dimana 10K memiliki COT 2 jam, half marathon memiliki COT 3,5 jam dan marathon memiliki COT 7 jam.

Baca Juga :  BMW Astra Luncurkan Program Saling Menjaga Bersama

“Dengan diraihnya Bronze Label ini, kami terus berkomitmen untuk tetap meningkatkan kualitas lomba secara berkesinambungan, terutama dalam faktor kenyamanan dan keamanan lomba, termasuk peningkatan infrastruktur untuk mendukung jalannya lomba, kualitas medis di lapangan, serta menerapkan You RegisterYou Run untuk memastikan peserta yang mengikuti lomba adalah peserta yang teregistrasi dalam data kami,” kata Taswin

Sebagai wujud apresiasi kepada nasabah loyal yang memiliki hobi lari dan berminat mengikuti event ini, Maybank Indonesia penawaran khusus kepada nasabah melalui program bundling dan potongan harga kepada pemegang Maybank Credit Card. Pendaftaran untuk Public Slot dibuka 25 Februari 2020 dimulai dengan harga Early Bird dengan jumlah slot lari terbatas.

Sejak pertama kali diadakan, Maybank Marathon selalu melibatkan penyelenggaraan program sosial kemasyarakatan secara berkesinambungan bagi masyarakat Bali, khususnya Gianyar dan Klungkung. Serangkaian program pemberdayaan ekonomi dan dukungan pendidikan akan kembali dilakukan oleh Maybank Indonesia untuk masyarakat setempat.

Maybank Marathon telah menjadi salah satu wisata utama olahraga (main sport tourism).  Lomba ini bukan hanya menjadi lomba bagi para peserta tetapi juga melibatkan keluarga untuk sekalian berlibur di Bali. Event ini merupakan sebuah ajang atletik internasional dengan sentuhan budaya Bali beserta keindahan alam dan keramahan masyarakatnya. Sejak 2013 Maybank Marathon menjadi lomba maraton pertama di Indonesia yang secara konsisten masuk dalam official race directory Boston Marathon. Maybank Marathon juga telah meraih berbagai penghargaan termasuk dalam satu dari sebelas “Remarkable races in the world that one must participate before you die” by The Active, salah satu dari “The 52 Best Races on Earth 2016” oleh Runnersworld, Best Marathon 2016, dan the Most Popular Sport Event 2018 oleh majalah the Venue.  (r/bpn)