BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kelahiran Yesus Kristus yang diperingati dan dirayakan sebagai Hari Natal, pada hakikatnya merupakan simbol kasih yang membawa pesan damai bagi umat manusia. Hikmah perayaan Natal akan lebih berarti apabila kita mampu memberikan makna Natal secara kontekstual dan tidak hanya menjadikannya sebagai tradisi keagamaan semata.

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S I.P., dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri saat Kodam IX/Udayana menyelenggarakan Perayaan Natal pada Rabu (8/1/2020) di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam mengajak umat Kristiani Jajaran Kodam IX/Udayana untuk menghayati tema yang diambil dalam perayaan Natal “Dengan Suka Cita Natal Kita Perkokoh Semangat Prajurit Sapta Marga dan PNS TNI AD Untuk Tetap Tegaknya Kesatuan dan Persatuan Bangsa”.

Dengan menghayati makna suka cita dalam perayaan Natal tersebut dapat memotivasi semangat kebersamaan, persaudaraan bagi segenap anggota Kodam IX/Udayana beserta keluarga khususnya umat Kristiani sebagai bagian integral masyarakat Indonesia yang religius.

Saat ini kebhinnekaan, persatuan dan kesatuan merupakan fondasi utama Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam menjaga dan memelihara keutuhan bangsa. Oleh karena itu, masalah keutuhan bangsa harus menjadi prioritas utama, karena masyarakat saat ini sedang mengalami krisis moral yang ditandai dengan semakin lunturnya rasa dan semangat kebangsaan serta nasionalisme dari anak bangsa. Hal ini dapat dilihat dari adanya konflik horizontal ditandai sikap anarkhisme di berbagai daerah yang disebabkan oleh ego sektoral dan primordialisme yang sempit.

“Untuk itu, marilah kita jadikan Natal sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk meningkatkan keimanan serta etos kerja sesuai talenta yang diberikan Tuhan,” tutup Pangdam mengakhiri sambutannya.

Hadir pada  acara tersebut  diantaranya Irdam IX/Udy, Danrem 163/Wira Satya, Kapok Sahli Pangdam IX/Udy, Para Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udy, Danrindam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, para Dan/Kabalakdam IX/Udy, LO-AL, LO-AU, Danlanal Denpasar, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Kaotmil III-14 Denpasar, Kadilmil III-14 Denpasar, Dandenkomlek Strada, Ketua FKUB (diwakili), Uskup Bali Nusra (diwakili), Ketua GPI, Ketua PHDI Bali, Ketua Walubi Bali, Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia Bali, para Prajurit dan PNS Kodam IX/Udy se-Garnizun Denpasar, serta undangan lainnya. (erck/bpn)