BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Piodalan Saraswati di SMK TI Bali Global Denpasar, Sabtu (7/12/2019) lalu, berlangsung khusyuk. Saat itu juga dilangsungkan pecaruan rsigana dan pelantikan Semeton Hindu Globaliti (Sehati) oleh Kepala SMK TI Bali Global Denpasar, Drs. I Gusti Made Murjana, M.Pd., yang ditandai dengan pawintenan bersama.

Rangkaian piodalan dan pecaruan rsigana di-puput oleh Ida Pedanda Gede Putra Keniten dari Griya Gede Kineten Denpasar. Pujawali juga diiringi ilen-ilen berupa tari Rejang Dewa, Renjang Renteng dan Jauk Keras yang dibawakan siswa dan guru-guru SMK TI Bali Global Denpasar.

Kasek Gusti Made Murjana mengatakan, pecaruan rsigana digelar tiap lima tahun sekali. Ini bertujuan mengembalikan alam ini ke unsur-unsur kedewataan dan terjadi keseimbangan Tri Hita Karana tetap terjaga demi keselamatan warga sekolah. Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya warga SMK TI Bali Global Denpasar kini makin bersemangat bekerja. Rasa kebersamaan ini patut dipupuk dibarengi dengan sikap ngayah, profesional serta tegas membangun identitas bangsa.

Baca Juga :  Memasuki Tatanan Kehidupan Era Baru, GTPP Covid-19 Buleleng Ubah Jam Buka Pasar

Sehari sebelumnya, SMK TI Bali Global Denpasar juga menggelar Gebyar Budaya serangkaian hari raya Saraswati. Gebyar Budaya diisi dengan lomba ngelawar dan membuat gebogan. Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa, guru dan pegawai. Kegiatan ini, menurut Murjana, penjabaran dari motto SMK TI Bali Global Denpasar yakni ‘’Wiyata Prapti Waratmaja’’ yaitu tempat seorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, etika dan kehidupan sosial, memiliki kekuatan untuk menghasilkan anak yang unggul di bidang IT dan budaya.

Ia menekankan kepada siswa bahwa ada tiga hal yang perlu dipakai sesuluh. Pertama, agama dipakai sebagai media yang membuat makna hidup lebih terarah. Kedua, budaya yang menghaluskan kehidupan dengan polesan emosional dan intelektual, dan ketiga, teknologi dipakai untuk mempermudah hidup manusia. Hanya semua itu harus dijalankan di jalan dharma.

Baca Juga :  Teater Sastra Welang Rilis Video Puisi Kolaborasi 5 Seniman Muda 

SMK TI Bali Global Denpasar dibawah Yayasan Widya Dharma Shanti sudah banyak melahirkan prestasi akademik maupun non akademik. Terbukti pada tahun ini siswa SMK TI Bali Global Denpasar meraih tujuh prestasi nasional, yaitu juara 2 lomba Vlog se-Indonesia OPPK MAK tingkat nasional, juara 2 lomba desain Web Politeknik Negeri Jakarta, juara 2 lomba Web di Techno Art Universitas Bunda Mulia, juara 1 lomba deain poster tingkat nasional di ISI Denpasar, lomba speech contes di PNB Bali, juara 3 lomba Web desain di ITCC Unud, juara 1 LCC di ITCC Unud.

Baca Juga :  Desas-desus Pilkada Denpasar, Rai Iswara Masuk Survei Partai Golkar

‘’SMK TI Bali Global Denpasar menyiapkan SDM unggul berbudaya dan siap menuju revolusi industri 4.0 yang mengkombinasikan tiga unsur penting, yaitu manusia, mesin/robot dan data,’’ pungkas Murjana. (tis/bpn)