BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Denpasar, IA Selly Dharmawijaya Mantra, menyerahkan bantuan alat permainan edukatif (APE) kepada 10 lembaga PAUD se-Kota Denpasar. Bantuan APE ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

‘’Bantuan APE ini salah satu media proses pembelanjaran PAUD untuk membantu kecerdasan dan ketangkasan, khususnya kreativitas anak-anak,’’ kata Selly Mantra usai penyerahan bantuan APE secara simbolis di PAUD Kumara Santi Jl. Imam Bonjol, Br. Margaya, Denpasar Barat, Senin (9/12/2019). Hadir dalam penyerahan APE, Camat Denpasar Barat, AA Ngurah Made Wijaya; Ketua GOPTKI Kota Denpasar, Kerti Rai Iswara; serta Bunda PAUD Kecamatan.

Selly Mantra mengatakan perkembangan PAUD di Kota Denpasar sangat baik dengan berbagai prestasi. Karena itu, PAUD terus didorong agar maju dan mampu menjadi ajang pelestarian budaya sejak dini. Ia mengatakan, bantuan APE ini salah satu media proses pembelanjaran PAUD untuk membantu kecerdasan dan ketangkasan khususnya kreativitas anak-anak PAUD.

Baca Juga :  Bersama Atasi Covid-19, Golkar Bali Pelopori 1.000 Kantong Darah

Menurut dia, anak-anak pada masa golden age tidak hanya mendapatkan edukasi pada pendidikan formal, namun perlu dikembangkan kreativitas untuk menjadikan anak-anak berkarakter. Ia berharap, dengan APE ini bisa membantu komunikasi antara pendidik dengan anak. Tidak hanya disodorkan permainan saja, tapi bisa dijelaskan arti dari permainan yang diberikan sehingga bisa melatih motorik anak.

Selly Mantra memberi apresiasi terkait perkembangan PAUD di Kota Denpasar yang sangat luar biasa dengan berbagai prestasi. Untuk meningkatkan kualitas pendidik PAUD, kata istri Walikota IB Rai Dharmawijaya Mantra ini, Pemkot Denpasar rutin melaksanakan seminar-seminar atau workshop yang bertujuan bisa memberikan pendidikan berkualitas.

Baca Juga :  Gubernur Koster Resmi Mulai Berlakukan Tahap Pertama Tata Kehidupan Era Baru Dimulai

Kabid PAUD dan PNF Disdikpora Kota Denpasar, Ni Made Sugiantini, S.Pd., M.Pd.H., membenarkan perhatian Pemkot Denpasar, khususnya Bunda PAUD Kota Denpasar terhadap perkembangan PAUD sangat besar sekali. Bantuan APE ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk menunjang proses pendidikan.

Ia berharap bantuan yang diberikan Pemkot Denpasar melalui Bunda PAUD Kota Denpasar membantu kreativitas dan motivasi anak-anak PAUD, juga membuat pendidik PAUD terus berinovasi. Dikatakan, untuk mendukung proses belajar mengajar perlu didukung tenaga pendidik dan sarana dan prasarana APE yang memadai.

Ditambahkan, dengan adanya APE dapat menunjang tumbuh kembang anak yang tentunya bermain sambil belajar yang tersistimatis. Lewat bantuan APE ini juga menginspirasi anak-anak untuk lebih kreatif untuk membuat APE dengan contoh-contoh yang ada.

Baca Juga :  Momentum Bali Era Baru, Pertamina Dituntut Siapkan Program Penggunaan BBM Ramah Lingkungan

Sepuluh lembaga PAUD penerima bantuan APE meliputi, TK Kumara Absari di Jl. Ceningan Sari No. 8, Sesetan, Densel, TK Laksana Kumara, Jl. Waturenggong 116, Densel, TK Werdhi Kumara, Jl. Raya Pemogan, Densel, TK Widya Kumara, Jl. Teuku Umar 122, Denbar, TK Kumara Santi, Jl. Imam Bonjol, Br. Margaya, Denbar, TK Indra Prasta, Jl. Sulatri No. 25, Dentim, TK Prima Kumara Graha, Jl. Sekar Tunjung No. 8, Kesiman Kertalangu, Dentim, TK Kumara Artha, Jl. Flamboyan Perumahaan Keuangan, Sumerta Kelod, Dentim, TK Wisma Sari, Jl. Gatot Subroto IV Blok VII A, Denut, dan TK Kumara Bhuna III, Jl. Warmadewa, Br. Kedua, Peguyangan Kangin, Denut. (tis/bpn)